Hujan Lumpuhkan Pusat Kuliner di Taman Lapang Bakti Banjar

SELASA 7 MARET 2017

BANJAR—Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Taman Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat, mengeluhkan karena atap lapak mereka bocor bahkan ada yang rusak. Ketika hujan, mereka kerepotan karena air hujan menetes ke barang dagangan. Bahkan tak jarang pedagang terpaksa menutup dagangannya.
Seorang pedagang makanan dan minuman menunjukkan kerusakan di lapaknya.
Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, Selasa (07/02), banyak lapak yang atapnya, kerusakan atap terlihat di lapak bagian depan dan belakang, yang biasanya diisi para pedangan makanan dan minuman tersebut. Bahkan lapak para pedagang juga sudah banyak yang ditambal memakai  terpal dan bekas baligo.

Disampaikan Ocoh Aisyah (73), salah seorang pedagang mengungkapkan, bocornya atap tersebut memang sudah lama. Hampir semua lapak yang ditempati para pedagang di sini atapnya pada bocor.

Akibatnya, ia dan pedagang lainnya kerepotan saat hujan turun sore sampai malam hari. Karena pedaggang baru membuka lapak jualanya pada siang hari, sekitar pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Bahkan kadang pedagang terpaksa tidak membuka dagangannya.

“Kalau hujan deras, kami sering tutup. Sampai cuaca mendukung baru kami buka lagi,” ujar Ocoh.

Dia dan teman-temannya sesama pedagang berharap agar kondisi ini jadi perhatian instansi terkait. Sehingga pedagang juga bisa berjualan dengan nyaman meskipun hujan turun hingga malam hari.

“Semoga lekas diberikan solusi untuk masalah tersebut. Agar kami bisa berjualan dengan nyaman,” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan Teni Harlina (35), mengaku sudah sebulan belakangan ini kerepotan saat berjualan. Karena air hujan menetes ke barang dagangan.  Dia pun terpaksa menutup barang dagangannya dengan terpal.

“Kalau hujan turun, ya terpaksa kita tutupi dengan terpal. Mau bagaimana lagi, dari pada jualan kami kena air,” ujar Teni.

Teni, juga berharap instansi terkait bisa memikirkan kenyamanan para pedagang. Apalagi saat ini sering turun hujan pada sore hari.

“Kami berharap supaya segera diperbaiki. Supaya tidak menghambat aktivitas jual beli di Taman Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat ini ,” kata Teni.

Sebagai catatan Taman Lapang Bakti Kota Banjar adalah salah satu ruang publik atau taman kota yang dikelola Pemerintah Kota Banjar.  Taman ini menjadi tempat destinasi wisata ke kota itu. Di areal ini warga Banjar juga bisa memanfaatkannya untuk olahraga dengan prasarannya.   Keberadaan pedagang kaki lima untuk mendukung kegiatan rekreasi di tempat itu, sehingga menjadikannya sebagai pusat kuliner Kota Banjar.

Jurnalis: Baehaki Efendi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Baehaki Efendi

Lihat juga...