Balikpapan Targetkan SPM Capai 100 Persen

KAMIS, 13 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menargetkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Kesehatan pada tahun 2017 ini mencapai 100 persen melalui 12 layanan dasar sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 43 Tahun 2016. Penerapan tersebut baru diterapkan tahun ini, dimana sebelumnya, ada 22 layanan dasar kesehatan. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Suheriyono

“Tahun ini kriterianya lebih fokus dan lebih spesifik menjadi 12 layanan dasar. Tahun ini juga ada SPM tambahan yang diikutsertakan yakni hipertensi, diabetes dan gangguan jiwa,” Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Suheriyono saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/4/2017).

Menurutnya, sasaran masing-masing wilayah berbeda karena tergantung dari jumlah penduduk dan berdasarkan data dari BPS. Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan itu yakni ibu hamil, ibu bersalin, bayi baru lahir, balita, pada usia pendidikan dasar, usia produktif, usia lanjut, penxerita hipertensi, penderita diabetes melitus, orang dengan gangguan jiwa berat, orang dengan TB, orang dengan resiko terifeksi HIV.

Lihat juga...