DBH Cair, Balikpapan Lunasi Hutang

KAMIS, 13 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Pada triwulan I dan II, Pemerintah Kota Balikpapan konsentrasi membayar hutang sebesar Rp250-an miliar, yang terdiri dari hutang kegiatan tahun lalu sebesar Rp145,9 miliar, dan sisanya bangunan multi years sekitar Rp100-an miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Madram Muchyar

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Balikpapan, Madram Muchyar, mengungkapkan Dana Bagi Hasil (DBH) pada triwulan I sebesar Rp112 miliar lebih tahun ini sudah turun ke daerah. DBH itu digunakan untuk membayar hutang, namun hutang belum terlunasi, sehingga akan lunas pada triwulan II. “Dari hutang Rp145 miliar lebih dari kegiatan tahun lalu itu, telah dibayarkan sebesar Rp88,5 miliar. Sisanya yang belum dibayarkan Rp57 miliar,” katanya, saat ditemui di sela aktivitasnya, Kamis (13/4/2017).

Madram berpendapat, bila dana bagi hasil dari Pemerintah Pusat turun sesuai waktu dan tidak ada perubahan, maka Pemerintah Kota dapat membayarkan hutang pada triwulan I dan II. Adapun pada triwulan III, kegiatan pembangunan baik itu fisik maupun kegiatan lainnya akan berjalan normal. “Kalau sekarang yang sifatnya pembangunan fisik besar belum bisa dilakukan. Nanti akan terlihat pada triwulan III, bila hutang-hutang kegiatan lunas,” kata Madram.

Madram juga menegaskan, triwulan I dan II dipusatkan membayar hutang kegiatan dan multi years, utamanya pembayaran pelunasan saluran drainase, pembangunan Balikpapan Islamic Center, Gedung Parkir dan Stadion Batakan.  Sekarang fokusnya bayar hutang. Kita ikuti saja perkembangan dari pusat, kalau saat menjalankan triwulan II di APBN ada perubahan, tentu akan berpengaruh ke daerah,” tutupnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Source: CendanaNews

Lihat juga...