Jajaran Direksi dan Karyawan TMII, Kunjungi Museum Pak Harto

SENIN, 3 APRIL 2017

YOGYAKARTA — Jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-42 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 20 April 2017, mendatang, jajaran direksi dan karyawan TMII yang berada di bawah naungan Yayasan Harapan Kita, menggelar Napak Tilas Soeharto ke Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto, di Dusun Kemusuk, Sedayu, Bantul, Senin (3/4/2017), sore. 

Rombongan jajaran direksi dan karyawan mengunjungi tempat kelahiran Presiden ke-2 RI, Soeharto, setelah melakukan ziarah ke Makam Jenderal Besar HM Soeharto dan Ibu Tien Soeharto di Astana Giribangun, Surakarta, Jawa Tengah. Menggunakan 3 unit bus, 225 rombongan direksi dan karyawan TMII datang dipimpin langsung Direktur Utama TMII, Dr. A J. Bambang Soetanto.

Selain terdiri dari Pengurus Yayasan Harapan Kita dan Direksi TMII, rombongan juga berasal dari dewan kehormatan, dewan komisaris, dewan pembina, koordinator dan manajer, BPP TMII, perwakilan anjungan daerah, perwakilan unit museum, perwakilan pemadam kebakaran, wartawan, Pos Pol TMII, hingga unit usaha atau pedagang.

Ketua Umum HUT ke-42 TMII, Dwi Windyarto, SH., menyatakan, kegiatan ziarah dan napak tilas ini dilakukan rutin setiap tahun untuk mengawali rangkaian kegiatan pekan peringatan HUT TMII yang pada 2017 ini mengangkat tema ‘TMII Merupakan Perwujudan Keragaman Budaya sebagai Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa’.

Sebagaimana diketahui, TMII didirikan atas ide dan prakarsa Ibu Negara Tien Soeharto, yang didukung Presiden Kedua RI, Soeharto. Sebagai wujud pengabdian sekaligus bentuk bakti pada orang tua, yakni Ibu Tien Soeharto dan HM Soeharto, itulah kegiatan napak tilas ke museum sekaligus tempat kelahiran HM Soeharto dilakukan secara rutin setiap tahun.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa dan memelihara ikatan batin kita pada pemrakarsa dan pendiri TMII. Agar kita bisa melihat lebih dekat bagaimana kiprah tokoh pejuang dan pemersatu bangsa. Karena semua itu tidak bisa lepas dari beliau. Sehingga diharapkan semua karyawan TMII di masa depan semakin tahu visi misi beliau sejalan dengan visi misi TMII,” katanya.

Senada, Direktur Utama TMII, Dr. AJ. Bambang Sutanto, mengatakan, Ibu Tien Soeharto dan Presiden Kedua RI, HM Soeharto, merupakan sosok yang memiliki andil dan jasa yang sangat besar bagi keberadaan TMII sebagai sebuah alat pemersatu bangsa. Sehingga dengan kunjungan ini, diharapkan seluruh karyawan dapat melihat langsung perjalanan sejarah HM Soeharto lewat museum. Untuk selanjutnya dapat terus mengenang, membanggakan dan meneruskan cita-cita beliau dalam mempersatukan seluruh elemen bangsa dengan kebhinekaannya.

“Dengan kunjungan ini, diharapkan akan dapat menjadi sumber inspirasi ke depan. Tidak hanya mengenang Pak Harto sebagai tokoh pemimpin atau presiden saja, namun juga sebagai pejuang, baik dalam melawan penjajah, maupun dalam hal memajukan ekonomi, budaya hingga menyatukan bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Jatmika H Kusmargana

Lihat juga...