Bupati Ciamis Ajak Peternak Capai Swasembada Sapi

160

SELASA, 16 MEI 2017
 
CIAMIS — Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan terhadap 605 ekor sapi betina yang tersebar di berbagai Kelompok Tani, di 27 Kecamatan se-Kabupaten Ciamis, guna mendukung program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB), yang digagas dan dicanangkan oleh Menteri Pertanian RI.

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifien, saat menijau ternak sapi milik Kelompok Tani Sri Rejeki Utama.

“Inseminasi Buatan itu, dilakukan kepada sekitar 605 ekor sapi betina, yang tersebar di berbagai Kelompok Tani, yang ada di 27 Kecamatan se-Kabupaten Ciamis,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Ir. Hj. Yati Herdianti, usai mendampingi Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin, dalam acara Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Hewan dan  Inseminasi Buatan, Selasa (16/5/2017), di Kelompok Tani Sri Rejeki Utama, di Dusun Sukabagja, RT 24, RW 06, Desa Kelapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Yati mengatakan dengan dilakukannya kegiatan Inseminasi Buatan terhadap sapi betina, diharapkan akan menghasilkan pedet atau anakan sapi yang unggul. Karena kegiatan Inseminasi Buatan juga lebih efisien dan efektif, karena para peternak tidak perlu memiliki sapi pejantan yang unggul.

“Sapi betina yang dikawinkan melalui Inseminasi Buatan, dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit sapi yang menular, karena benih dari proses Inseminasi Buatan telah disterilkan terlebih dahulu,” kata Yati.

Selain itu, ungkapnya, proses Inseminasi Buatan terhadap sapi betina, bertujuan untuk membantu para peternak dalam mengembangkan usaha peternakan sapi untuk lebih meningkatkan kesejahteraan para peternak.

Terpisah, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, mengatakan, sektor peternakan, terutama ternak sapi, termasuk salah satu potensi dan usaha yang menjanjikan. Dengan adanya program UPSUS SIWAB ini, diharapkan hasil ternak sapi yang dihasilkan akan lebih maksimal dan dapat menjadikan wilayah Kabupaten Ciamis sebagai daerah swasembada sapi.

Oleh karena itu, Iing berharap kepada para penyuluh dan para pendamping untuk selalu mendampingi para kelompok tani, khususnya peternak sapi, agar hasil ternak yang diperoleh bisa meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, selain diadakan kegiatan Inseminasi Buatan terhadap sapi betina, juga dilakukan kegiatan pelayanan kesehatan hewan gratis di Pasar Ternak Cikawung, Kecamatan Lakbok, serta penyerahan sebanyak 20 unit mesin traktor, dan 39 unit mesin pompa air kepada para kelompok tani di 27 kecamatan se-Kabupaten Ciamis.

Jurnalis: Baehaki Efendi / Editor: Satmoko / Foto: Baehaki Efendi

Source: CendanaNews

Komentar