Dinas Pangan Padang Ajukan Permintaan Daging Beku ke Bulog

117

RABU, 17 MEI 2017

PADANG — Setelah Kementerian Perdagangan menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) terhadap sembilan pangan kebutuhan pokok yang salah satunya daging beku Rp80.000 per kilogram, hari ini Dinas Pangan Kota Padang telah menyatakan membutuhkan daging beku untuk dipasarkan di Kota Padang.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang Haryanto Rustam (kiri) bersama Kepala Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Haryanto Bustam, mengatakan, saat ini harga daging segar di sejumlah pasar di Padang Rp120 ribu per kilogram. Untuk memberikan harga yang lebih murah, ia menyatakan perlu  menyediakan daging beku untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran.

“Permintaan daging beku ini telah saya sampaikan langsung kepada Bulog Sumbar, jadi saya harap pada Ramadan nanti daging beku itu bisa dijual di pasar-pasar yang ada di Padang ini,” ujarnya, Rabu (17/5/2017).

Menurut Haryanto, kebutuhan daging pada Ramadan dan Lebaran cukup tinggi. Jadi, mengingat daging segar cukup mahal terutama bagi masyarakat menengah ke bawah sehingga diperlukan adanya daging beku itu.

Menanggapi permintaan dari Dinas Pangan Padang tersebut, Kepala Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi mengatakan, memang secara lisan telah disampaikan kepada Bulog terkait permintaan daging beku untuk dipasarkan di Kota Padang. Ia menyebutkan, untuk memenuhi permintaan dari Dinas Pangan Kota Padang itu, direncanakan besok akan pergi ke Jakarta untuk menyampaikan ke Kementerian Perdagangan terkait permintaan daging beku tersebut.

“Permintaan secara tulisan memang belum, tapi dengan permintaan secara lisan itu sudah bisa saya pedomani untuk menyampaikan ke Kemendag bahwa Kota Padang ada permintaan untuk dipasarkannya daging beku,” ucapnya.

Benhur menyatakan, sebagai permintaan perdana di Sumbar, Bulog akan mengupayakan menyediakan daging beku sebanyak 10 kilogram untuk dipasarkan di Kota Padang. Sementara untuk daerah lainnya, Benhur mengakui belum ada permintaan daging beku tersebut.

Penjual daging segar di Pasar Inpres Padang.

Selain itu, untuk membuat daging beku tetap segar, saat ini di Padang ada tiga unit cool storage sebagai tempat ruang pendingin penyimpinan untuk cabai merah dan nantinya juga untuk penyimpan daging beku. Cool storage itu dibuat untuk menstok kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran mendatang. 

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: Muhammad Noli Hendra

Source: CendanaNews

Komentar