Kota Banjar, Mulai Luncurkan Kartu Identitas Anak

131

JUMAT, 19 MEI 2017

BANJAR — Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjar, secara resmi mulai bulan Mei 2017 ini, meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kota Banjar, Aan Suparman

“Ini merupakan program Pemerintah  untuk menyiapkan identitas diri, khusus bagi anak-anak dari usia 0 tahun hingga usia 17 tahun kurang satu hari,” kata Kepala Disdukcapil Kota Banjar, Aan Suparman, saat ditemui usai acara Sosialisasi Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) 2017 di Kota Banjar, di Aula Setda Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017).

Menurut Aan, Pemerintah Kota Banjar menjadi daerah keempat di Provinsi Jawa Barat, yang dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA). “Ini berdasarkan presentasi penerbitan  E-KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, maupun Akta Kematian yang mencapai 97 persen,” jelas Aan.

Aan juga mengungkapkan, Disdukcapil Kota Banjar akan menerbitkan KIA di wilayah Kota Banjar, sebanyak 53.601 anak. Untuk tahap awal, sebanyak 12.800 anak di Kota Banjar, akan menerimanya di saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional, sisanya sebanyak 41.000 anak akan mendapatkan setelah ada kiriman dari Pemerintah Pusat. “Pastinya kami akan memberikan pelayanan secara maksimal kepada seluruh orangtua, supaya anak-anak segera memiliki KIA,” kata Aan.

Terpisah, Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih, mengatakan, anak-anak di wilayah Kota Banjar, harus berbangga hati dengan adanya peluncuran KIA. “Anak-anak di wilayah Kota Banjar, harus berbangga hati, karena anak-anak di Kota Banjar, akan memiliki KIA sendiri. Ini sebagai bukti, bahwa Kota Banjar merupakan wilayah yang lebih maju, dan bisa menyejajarkan diri dengan Kabupaten/Kota lain di Indonesia ” ujar Ade.

Selain itu, dengan adanya KIA, akan sangat membantu anak-anak di wilayah Kota Banjar, untuk mendapatkan bantuan dan pelayanan dari pemerintah. “Dengan adanya Kartu Identitas Anak (KIA) ini, akan membantu bagi anak-anak di wilayah Kota Banjar, dalam pengurusan beasiswa, pendaftaran sekolah, pengurusan BPJS, transaksi bank dan kantor pos, dokumen keimigrasian, mencegah perdagangan anak, dan pengurusan data lainnya” pungkas Ade.

Jurnalis: Baehaki Efendi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Baehaki Efendi

Source: CendanaNews

Komentar