KPK, akan Membuka Rekaman Pemeriksaan Miryam

86

RABU, 17 MEI 2017

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan akan membuka isi rekaman pembicaraan terkait dengan pemeriksaan terhadap Miryam S. Haryani, mantan Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Febri Diansyah (paling kanan)

Kalau tidak ada perubahan, rencananya KPK akan membuka hasil rekaman pembicaraan terkait pemeriksaan terhadap Miryam pada saat persidangan Pra Peradilan yang akan digelar di Gedung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2017), mendatang. Selain itu, KPK dijadwalkan juga akan menghadirkan seorang ahli dalam persidangan Pra Peradilan tersebut.

Demikian disampaikan langsung Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2017), malam. Febri menjelaskan, pihaknya mau membuka hasil rekaman pembicaraan terkait pemeriksaan terhadap saksi maupun tersangka hanya dalam persidangan di pengadilan.

“Pihak KPK besok Kamis berencana akan membuka  hasil rekaman pembicaraan terkait pemeriksaan Miryam oleh Penyidik KPK, pada waktu yang bersangkutan masih berstatus sebagai saksi dalam kasus perkara e-KTP, selain itu kami juga akan menghadirkan seorang ahli dalam persidangan Pra Peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,” kata Febri.

Sebelumnya diberitakan, sidang Pra Peradilan diajukan oleh pihak kuasa hukum sekaligus pengacara pihak Miryam S. Haryani, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus perkara dugaan kesaksian palsu saat dirinya dihadirkan dalam persidangan e-KTP di Gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Permohonan sidang Pra Peradilan yang diajukan oleh Miryam S. Haryani, merupakan upaya hukum untuk melawan keputusan KPK yang telah menetapkan Miryam S. Haryani sebagai tersangka dugaan memberikan keterangan yang tidak benar dalam persidangan atau saksi palsu.

Jurnalis: Eko Sulestyono/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Eko Sulestyono

Source: CendanaNews

Komentar