KSOP Lakukan Uji Petik Kelaiklautan Kapal Penumpang di Selat Sunda

SABTU, 13 MEI 2017
LAMPUNG — Upaya menjamin sistem keselamatan pelayaran di Selat Sunda serta mencegah kecelakaan di laut selama pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2017 (1438 H) pihak Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Bakauheni melakukan uji petik kelaikan kapal (ramp check). 

KMP Sebuku Palembang di dermaga dua Pelabuhab Bakauheni Lampung Selatan.

Menurut Fery Hendry Yamin selaku petugas keselamatan berlayar penjagaan dan patroli (KBPP) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas V Pelabuhan Bakauheni Lampung pemeriksaan dilakukan oleh petugas syahbandar serta petugas dari Direktorat Jenderal perhubungan laut (Dirjen Hubla) bagi semua kapal yang melayani pelayaran di lintasan Selat Sunda dari pelabuhan Merak Banten dan Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Pelaksanaan uji petik tersebut sesuai instruksi Direktur Jenderal Perhubungan laut Nomor UM.008/32/6/DJPL-17 tanggal 17 April 2017 tentang Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal Penumpang Dalam Rangka Angkutan Lebaran Tahun 2017.

Dengan adanya instruksi tersebut pelaksanaan uji petik diselenggarakan oleh KSOP Merak Banten dan KSOP Bakauheni secara bertahap tanpa mengganggu kelancaran arus pelayanan jasa pelayaran di lintasan Selat Sunda.

Sebagian kapal diperiksa secara berkala sesuai dengan ketentuan untuk memastikan kesiapan seluruh kapal yang melayani penumpang sebelum arus lebaran tahun 2017 serta saat pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

“Sesuai aturan semua kapal yang berlayar tetap harus memperhatikan keselamatan dengan penyediaan alat alat keselamatan namun pemeriksaan secara periodik namun menjelang lebaran pemeriksaan dilakukan lebih ketat,”ungkap Fery kepada Cendana News, Sabtu (13/5/2017).

Lihat juga...