Menteri KKP Klaim Sudah Berdialog dengan Nelayan Terkait Cantrang

85

KAMIS, 4 MEI 2017

JAKARTA — Menteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti membantah pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar terkait belum adanya dialog yang dilakukan antara Kementrian KKP dengan nelayan terkait peraturan larangan penggunaan alat tangkap ikan jenis Cantrang.

Susi Pudjiastuti (tengah) didampingi Ganjar Pranowo (kanan)

“Kementrian KKP berkerja sama dengan instansi terkait lainnya jauh-jauh hari sudah berdialog sekaligus mensosialisasikan peraturan dan ketentuan terkait larangan penggunaan Cantrang untuk keperluan menangkap ikan kepada nelayan, jadi tidak benar bahwa kita telah mengeluarkan larangan terkait penggunaan Cantrang tanpa terlebih dahulu berbicara kepada para nelayan” kata Menteri KKP Susi Pudjiastuti kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/4/2017).

Menteri KKP Susi Pudjiastuti sebelumnya sempat menyayangkan pernyataan sepihak yang disampaikan Muhaimin Iskandar atau yang akrab dipanggil Cak Imin terkait larangan penggunaan Cantrang. Menurut Susi Pudjiastuti, seharusnya Cak Imin memberikan solusi atau jalan keluar yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sementara itu, Pemerintah akhirnya memutuskan untuk sementara menunda pelarangan penangkapan ikan dengan menggunakan Cantrang. Pemerintah memberikan tenggat batas waktu penangkapan ikan dengan menggunakan Cantrang hanya sampai 31 Desember 2017 mendatang.

Setelah 31 Desember 2017,  Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten rencananya akan melakukan kajian atau evaluasi, apakah selanjutnya ke depannya para nelayan pencari ikan tetap diperbolehkan menangkap ikan dengan menggunakan Cantrang atau tidak.

Jurnalis : Eko Sulestyono / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Eko Sulestyono

Source: CendanaNews

Komentar