Menyongsong Harkitnas, KPBL Gelar Ragam Acara

84

KAMIS, 18 MEI 2017

LAMPUNG — Komunitas Pustaka Bergerak Lampung (KPBL) menggelar berbagai kegiatan menyongsong Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap 20 Mei. Menurut Maiksa, salah seorang panitia, kegiatan tersebut diisi dengan beragam acara di antaranya kegiatan lomba mewarnai yang diikuti ratusan siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Maiska (kiri) dan Ade, panitia penyelenggara kegiatan lomba mewarnai, puisi, dan bazar pustaka.

Bertempat di dekat amphiteater dermaga Bom Kalianda, ratusan siswa yang telah menunggu sejak pagi didampingi oleh para orang tua dan guru pembimbing, telah menyiapkan diri dengan meja khusus mewarnai, alat pewarna serta melakukan proses pengambilan undian. Menurut Maiksa, seluruh siswa yang mengikuti lomba mewarnai akan menerima obyek gambar yang akan diwarnai dan telah ditentukan olah panitia.

“Kegiatan lomba mewarnai hanya salah satu kegiatan yang akan kita gelar karena berbagai komunitas literasi dan perpustakaan keliling dari Pemkab Lampung Selatan juga terlibat dalam kegiatan mengisi Hari Kebangkitan Nasional,” ungkap Maiska, saat dikonfirmasi Cendana News di area wisata kuliner dermaga Bom Kalianda, Kamis (18/5/2017).

Suasana lomba mewarnai.

Selain kegiatan lomba mewarnai animasi, para peserta juga mengikuti kegiatan lomba membaca puisi serta diberi kesempatan untuk membaca ribuan buku yang disediakan oleh perpustakaan keliling, Komunitas Perpustakaan Bergerak Lampung, Konter Pustaka, Komunitas Ka Ga Nga Pustaka serta berbagai komunitas peduli literasi lain.

“Sekalian acara ini juga memperingati hari buku. Bagi KPBL, kegiatan menggelar buku diselenggarakan setiap akhir bulan, namun karena saat ini kita rayakan hari buku nasional dan kebangkitan nasional, maka juga menjadi momen kebangkitan untuk mencintai buku,” terang Maiska.

Anak-anak antusias membaca dan mengikuti lomba mewarnai.

Salah satu guru pendamping dari TK Aisiyah Kalianda, Ida Royani menyebutkan, ia mengajak serta puluhan siswa dari TK 0 kecil hingga 0 besar, mengikuti lomba mewarnai, membaca puisi dan bazaar buku. Kegiatan bermanfaat tersebut diakuinya semakin bisa mengembangkan karakter anak sejak dini dan membuat siswa menyukai kegiatan tersebut karena siswa bisa membaca banyak buku.

“Harapan kita juga siswa yang mengikuti kegiatan hari ini semakin mencintai buku sekaligus bisa melakukan aktivitas wisata di tepi pantai,” terang Ida Royani.

Armada perpustakaan keliling.

Sebagai bentuk dukungan dan memberi motivasi bagi para peserta lomba mewarnai, lomba puisi, dan permainan menarik, panitia dari KPBL menyediakan hadiah berupa uang pembinaan, piagam, dan alat-alat keperluan sekolah.

Jurnalis: Henk Widi / Editor: Satmoko / Foto: Henk Widi

Source: CendanaNews

Komentar