Peduli Kampung Nelayan IIKA Cabang Bakauheni Gelar Bazar Sembako Murah

93

SABTU, 20 MEI 2017

LAMPUNG — Bantu ringankan beban masyarakat sekitar area pelabuhan Bakauheni khususnya masyarakat nelayan dan pekerja sektor informal dan pemilik kantin di Pelabuhan Bakauheni Ikatan Istri Karyawan ASDP (IIKA) Cabang Bakauheni menggelar bazar sembako murah di kompleks Posyandu Pulau Bakau Bakauheni. 

Ibu-ibu memborong sembako di bazar IIKA.

Menurut Ita Haryadi salah satu koordinator dari IIKA,kegiatan pasar sembako murah sengaja diselenggarakan sepekan sebelum bulan suci Ramadan untuk meringankan beban masyarakat di sekitar Pelabuhan Bakauheni dalam memenuhi kebutuhan sembilan bahan kebutuhan pokok yang di pasaran harganya terus merangkak naik.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun tersebut dilakukan melibatkan perusahaan perusahaan lain untuk menyediakan sembako dengan harga lebih rendah dari harga di pasaran bahkan yang sebagian sudah merangkak naik.

Sebagian bahan kebutuhan pokok yang disediakan diantaranya puluhan kuintal beras,telur,terigu,minyak makan,gula putih,susu,mie,minyak goreng serta berbagai jenis kebutuhan lain. Tingginya minat masyarakat seperti tahun kemarin panitia bazar sembako murah digelar sejak Jumat (19/5) hingga Minggu (21/5) esok.

“Karena peminatnya banyak kita lakukan bazar pasar murah selama tiga hari sejak pagi hingga sore setiap harinya dan paling diminati gula,terigu dan telur yang sebagian dibeli oleh para ibu rumah tangga”ungkap ibu Ita saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (20/5/2017)

Jumlah stok berkuintal kuintal gula,beras bahkan diserbu oleh para warga yang pada hari pertama sudah diserbu rata rata ratusan orang sejak hari pertama hingga hari kedua. Harga yang memiliki selisih cukup lumayan dari kisaran Rp1.000 hingga Rp2.000 untuk sebanyak lebih dari 60 jenis barang kebutuhan pokok hingga sabun cuci piring yang banyak dibutuhkan kaum ibu rumah tangga.

Dia mengungkapkan omzet per hari dalam kegiatan bazar pasar murah bisa mencapai jutaan rupiah dengan antusiasnya sebagian warga kampung nelayan dari kampung sekitar kompleks ASDP Cabang Bakauheni, mulai dari Kampung Muara Piluk,Kenyayan,Kelawi dan beberapa kampung nelayan lain.

Ita menyebut bagi masyarakat terutama ibu rumah tangga yang belum membeli barang barang kebutuhan pokok masih diberi waktu dan kesempatan untuk membeli sembako di lokasi bazar sembako murah.

Bazar ini masih akan digelar dengan stok sembako yang masih cukup banyak. IIKA bahkan berkoordinasi dengan pihak kepala dusun dan kepala desa untuk memberitahukan adanya bazar sembako murah yang digelar dari pagi hingga sore tersebut.

Aini, salah satu ibu rumah tangga dari Kenyayan mengaku membeli gula dan terigu dan telur dengan jumlah sekitar 5 kilogram untuk kebutuhan rumah tangga selama bulan suci Ramadan. Ia menyebut bazar sembako murah tersebut berbeda dengan operasi pasar murah yang digelar dengan menggunakan kupon dan dibatasi pembeliannya.

“Kalau di bazar sembako murah yang diselenggarakan oleh IIKA kami bisa membeli tanpa dibatasi jumlah sembako yang dibeli dan harganya lebih murah dari pasar”ungkap Aini.

Ia bahkan mengaku masih akan membeli sembako berupa gula dan beras yang akan dipergunakan untuk kebutuhan jelang Ramadan dan lebaran. Selain bazar sembako murah ia menyebut masih akan menunggu kegiatan pasar murah yang akan digelar oleh pemerintah.

Jurnalis: Henk Widi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Source: CendanaNews

Komentar