Pendaftaraan SBMPTN 2017 Diperpanjang 3 Hari ke Depan

111

JUMAT, 5 MEI 2017

SOLO — Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)–Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017, resmi mengumumkan waktu pendaftaran  tahun ini  diperpanjang.  Pendaftaran SNMPTN-SBMPTN  yang semula akan ditutup pada 5 Mei 2017, pada pukul 22.00 WIB, diperpanjang hingga 3 hari ke depan.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN, Prof Ravik Karsidi.

“Perpanjangan di akhir pendaftaran ini tentu karena panitia pusat mendapat masukan, khususnya di daerah yang masuk 3 T, yakni Terdepan, Terluar dan Tertinggal masih banyak belum mendaftar,” ungkap Ketua Pusat SNMPTN-SBMPTN, Prov Ravik Karsidi dalam jumpa persnya di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Jumat (5/5/2017).

Alasan lain diperpanjang masa pendaftaran SBMPTN adalah, lanjut Ravik, panitia mendapatkan informasi masih banyak siswa yang  belum mendaftar sebelum adanya pengumuman resmi kelulusan sekolah. Setelah dilakukan pertimbangan, panitia akhirnya memutuskan untuk memperpanjang pendaftaran SBMPTN hingga Senin, 8 Mei 2017, pukul 16.00 WIB. “Artinya mereka yang ada di Indonesia Timur masih ada tenggang waktu dua jam, demikian juga untuk Indonesia Tengah, ada  selisih 1 jam, agar bisa dimaksimalkan,” terang Ravik.

Selain masa pendaftaran, penuntasan pendaftaran SBMPTN  juga diperpanjang hingga Selasa, 9 Mei  2017, pada pukul 16.00 WIB. Masa penuntasan pendaftaran ini sangat penting karena selama ini masih banyak peserta yang tidak mengerti tahapan pendaftaran SBMPTN, karena berhenti  saat pendaftaran dengan membayar via bank. Seharusnya, peserta SBMPTN harus menyelesaikan tahapan pendaftaran hingga cetak kartu. “Karena di cetak kartu ini peserta tahu lokasi di mana harus mengikuti ujian dan masuk Panitia Lokal (Panlok) berapa,” tegasnya.

Panitia juga memberikan informasi jumlah rekapitulasi sementara data statistik pendaftar SBMPTN 2017, hingga Jumat, 5 Amei 2017, pukul  13.20  WIB terdapat 748.117 pendaftar. Jumlah itu terbagi dalam dua kelompok, yakni reguler 595.914 pendaftar dan Bidik Misi sejumlah 152.203 pendaftar. Dari 748.117 pendaftar SBMPTN, yang sudah melakukan cetak kartu 745.176 peserta, dalam kata lain masih ada 2.941 pendaftar yang belum cetak kartu.

“Dan yang tak kalah penting, calon peserta SBMPTN agar mengetahui dan mengecek lokasi tempat ujian berlangsung minimal 1 hari sebelum pelaksnaan. Jangan sampai, yang dari luar kota  salah lokasi, karena dapat  mengganggu jalannya ujian,” imbuhnya.

Jumpa pers perpanjangan masa pendaftaran SBMPTN 2017.

Selain itu, untuk calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN untuk datang secara pribadi  (tidak dapat diwakilkan) dan langsung melakukan registrasi di PTN penerima. Registrasi calon mahasiswa  dilakukan pada 16 Mei 2017, pukul 07.00 WIB.  “Diharapkan calon mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN mencermati persyaratan yang ada di laman website PN masing-masing,” pungkasnya.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto:  Harun Alrosid

Source: CendanaNews

Komentar