Siswa SMK di Pamarican, Bayar Sekolah dengan Ikan

112

KAMIS, 4 MEI 2017

CIAMIS — Bayar biaya sekolah dengan ikan, bisa? Siapa, bilang tidak? Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Manar Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,ini, menjadi buktinya.

Wahyudi

Di sekolah ini, siswa cukup dengan memelihara, membudidaya, dan membesarkan ikan di kolam-kolam yang ada di depan sekolah, maka siswanya sudah bias membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), termasuk juga untuk membeli buku pelajaran, serta kebutuhan sekolah lainnya.

Karena itu, menjadi pemandangan yang tidak biasa di SMK Al-Manar Pamarican, di mana para siswa, sebelum jam pelajaran dimulai, member makan ikan, yang mereka pelihara di kolam-kolam ikan yang ada di depan sekolah tersebut. “Kita baru menerapkan sistem ini kepada para siswa di SMK Al-Manar Pamarican, Jurusan Agrobisnis Perikanan. Kita ajak mereka untuk memanfaatkan kolam-kolam yang ada di depan sekolah, untuk dijadikan tempat budidaya dan pembesaran ikan air tawar. Jika sudah besar nanti, hasil dari penjualan ikan tersebut bias untuk bayar SPP dan membeli buku pelajaran, serta kebutuhan sekolah lainnya,” kata Wahyudi, S.Kel., Kaprodi Agrobisnis Perikanan dan juga Guru di SMK Al-Manar Pamarican, saat ditemui, Kamis (4/5/2017).

Sistem pembayaran SPP dengan menggunakan ikan ini, mulai diberlakukan sejak dua bulan yang lalu. Saat ini, semua siswa di Jurusan Agrobisnis Perikanan, sudah mulai memelihara ikan. Nantinya, setiap ikan yang dipelihara dan dibudidaya oleh para siswa, kalau sudah besar dijual, dan uangnya digunakan untuk bayar SPP ke sekolah.

Setiap siswa akan memiliki buku catatan tabungan sendiri tentang sampah yang telah mereka kumpulkan. Dari buku tabungan tersebut, siswa akan mendapat premi sesuai sampah yang telah dikumpulkan. “Jika hasil penjualan ikan para siswa tidak mencukupi untuk membayar SPP, siswa hanya akan membayar kekurangan dari biaya SPP yang telah ditentukan pihak sekolah,” ujar Wahyudi.

Sistem pembayaran pendidikan denganikan ini menjadi solusi pilihan bagi para siswa di Jurusan Agrobisnis Perikanan. Dan, rencananya sistem ini akan dikembangkan terus, serta akan diterapkan kepada seluruh siswa yang bersekolah di SMK Al-Manar Pamarican, guna meringankan dan membantu orangtua yang tidak mampu membiayai anaknya untuk bersekolah.

Jurnalis: Baehaki Efendi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Baehaki Efendi

Source: CendanaNews

Komentar