hut

Jalan Lingkar Pulau Nunukan Segera Dilanjutkan

NUNUKAN — Pejabat pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menegaskan, pembangunan peningkatan jalan lingkar Pulau Nunukan Kabupaten Nunukan segera dilanjutkan.

Hal ini dilakukan mengingat tingginya kebutuhan menopang perekonomian masyarakat di daerah yang berbatasan dengan Malaysia, kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Kaltara, Suheriyatna melalui pesan singkatnya di Nunukan, Jumat (23/6/2017).

Ia menjelaskan, 2017 ini terdapat tiga kegiatan pengembangan infrastruktur jalan lingkar di Kabupaten Nunukan, yakni peningkatan jalan dari Sungai Banjar-Binusan Kecamatan Nunukan untuk persiapan pengaspalan.

Kemudian, pembangunan jalan lingkar dari Kampung Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan menuju Sungai Banjar Desa Binusan. Dilanjutkan pembangunan dari Mansapa-Sei Jepun-Sedadap hingga Simpang Kadir Kelurahan Selisun Kecamatan Nunukan Selatan.

Anggaran yang digunakan untuk tiga kegiatan pembangunan jalan lingkar di daerah itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bersumber dari APBN sebesar Rp8 miliar.

Menyinggung adanya bagian tertentu pada poros jalan lingkar Kabupaten Nunukan yang mengalami kerusakan parah, Suheriyatna mengakui hal itu dengan alasan masih dalam tahap pengerjaan namun telah dilintasi kendaraan dengan tonase yang tidak sesuai kapasitasnya.

Ia menyebutkan ketentuan yang mengatur soal kendaraan yang bisa melintas di atas jalanan yang sedang dikerjakan, yakni Peraturan Menteri PU Nomor 19 Tahun 2011 tentang Kriteria Perencanaan Teknis Jalan, Jalan Lingkar Kelas III dengan lebar 25 meter.

Sementara jalan lingkar di Kabupaten Nunukan belum memenuhi standar Permen PU tersebut. [Ant]

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!