hut

Jelang Mudik, Puluhan Posko Kesehatan dan Puskesmas Disiagakan

LAMPUNG — Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan menyiagakan sebanyak 15 posko kesehatan di sepanjang jalur mudik pada angkutan mudik tahun 2017 (1438 H) untuk melayani para pemudik yang mengalami masalah kesehatan dan kegawatdaruratan di Jalan Lintas Sumatera.

Puskesmas rawat inap Kecamatan Penengahan.

Menurut Jimmy Hutapea, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, saat ditemui di terminal Pelabuhan Bakauheni dalam penyiapan kesiapsiagaan posko kesehatan, sebanyak 15 posko kesehatan tersebut disiagakan mulai dari area pelabuhan Bakauheni, beberapa Puskesmas di sepanjang Jalan Lintas Sumatera dan posko terpadu dengan pihak Polres Lampung Selatan. Beberapa posko kesehatan yang dibuat diantaranya disiagakan antara polsek sepanjang Jalan Lintas Sumatera dengan tiga petugas dari Dinas Kesehatan dan juga petugas dari Pramuka dan juga disiagakan satu unit ambulance.

“Semua petugas disiagakan selama duapuluh empat jam dengan kesiapan peralatan medis dan petugas bahkan saat lebaran kita siagakan di seluruh posko,tenaga medis diutamakan yang tidak sholat ied disiagakan di puskes puskes”ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan,Jimmy Hutapea saat ditemui Cendana News, Senin (19/6/2017).

Penyiapan posko kesehatan saat mudik tersebut terang Jimmy Hutapea untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang mengalami keluhan atau gangguan kesehatan selama perjalanan dan semua posko kesehatan disediakan secara gratis. Pada beberapa posko Dinas Kesehatan juga menyediakan fasilitas tabung oksigen, obat obatan serta kesiapsiagaan untuk kejadian kegawatdaruratan.

Pada beberapa titik rawan kecelakaan lalu lintas selain posko kesehatan fasilitas Puskesmas juga disiagakan dokter jaga dan tenaga medis untuk insiden kecelakaan serta pemeriksaan pertama sebelum dilakukan proses rujukan ke rumah sakit umum daerah Bob Bazaar Kalianda Lampung Selatan. Sebanyak 17 Puskesmas di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan mulai dari Bakauheni hingga Natar juga disiagakan secara khusus selama angkutan mudik dan balik lebaran.

Selama arus mudik ini Jimmy Hutapea yang juga merupakan mantan direktur rumah sakit umum daerah Bob Bazar Kalianda tersebut menyebut memberi kemudahan bagi pemudik yang memiliki fasilitas atau ikut serta dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Ia menyebut BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan selama arus mudik dan balik lebaran 2017.

“Bagi peserta yang sakit non emergency untuk terlebih dahulu datang ke Puskesmas dan jika emergency bisa langsung ke UGD rumah sakit yang terdekat,” ungkap Jimmy Hutapea.

Ia bahkan menerangkan untuk kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan BPJS telah menyediakan aplikasi mudik BPJS kesehatan melalui Google Play store. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting,alamat kantor BPJS Kesehatan,tanya jawab serta media sosial BPJS Kesehatan.

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan juga diakui Jimmy Hutapea membantu posko pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang. Petugas dari Puskesmas Rajabasa dan Puskesmas Palas juga ikut disiagakan di posko tersebut lengkap dengan petugas dan ambulance. [Henk Widi]

Lihat juga...