hut

Kepala BKKBN Minta Remaja Matang Rencanakan Karier dan Keluarga

JAKARTA — Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty meminta remaja Indonesia untuk merencanakan matang-matang jenjang karier hingga rencana berkeluarga.

“Saya berharap, semoga remaja yang hadir pada hari ini bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang kegiatan Generasi Berencana melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja,” kata Surya dalam sambutannya di acara “Festival GenRe” di Jakarta, Senin.

Program GenRe adalah kegiatan yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar mampu melangsungkan jenjang pendidikan, karier, serta menikah dan berkeluarga dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Tujuan dari program GenRe adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam upaya peningkatan kualitas generasi mendatang.

“BKKBN ke depan akan mengintensifkan Kegiatan GenRe dengan memperbanyak pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja,” kata Surya.

Surya mengatakan program GenRe merupakan salah satu persiapan sumber daya manusia Indonesia pada “Generasi Emas tahun 2045”.

Remaja pada saat ini akan berada pada usia produktif pada 2045 sehingga perlu disiapkan dengan pembentukan karakter dalam pembangunan keluarga dengan menggunakan pendekatan siklus kehidupan.

“Karena itu, membina remaja adalah investasi yang luar biasa penting,” ucap Surya.

Kegiatan Festival Generasi Berencana (GenRe) yang dihadiri oleh 400 remaja di antaranya berupa pembekalan materi GenRe, festival kreatifitas remaja, motivasi remaja, mensosialisasikan substansi GenRe yang meliputi kependudukan dan pembangunan keluarga, kesehatan reproduksi, keterampilan hidup dan penyiapan kehidupan berkeluarga. (Ant/Foto:Dokumentasi CDN)

Lihat juga...