hut

Operasi Ramadniya Krakatau 2017, Ribuan Personil Gabungan Disiagakan di Bakauheni

LAMPUNG — Ribuan personil gabungan dari berbagai unsur kepolisian Polres Lampung Selatan dan jajaran, Kodim 0421/Lampung Selatan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Bakauheni,Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Basarnas kantor SAR Lampung serta berbagai unsur gabungan disiagakan dalam operasi Ramadan dan Hari Raya (Ramadniya) 2017.

Pasukan Operasi Ramadniya 2017.

Apel gelar pasukan serta personil gabungan yang dilakukan di area parkir dermaga VII Pelabuhan Bakauheni tersebut sekaligus menyertakan sarana dan prasarana yang akan digunakan selama operasi Ramadniya 2017. Selain di darat personil kepolisian juga akan disiagakan di laut melalui Polair Mabes Polri dan Polair Polres Lamsel di perairan Bakauheni.

Kepala Kepolisian Resort Lampung Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Adi Ferdian Saputra menyebut sesuai instruksi presiden selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri penekanan pemerintah dilakukan dengan stabilitas harga pangan, stabilitas keamanan,keamanan dan kenyamanan selama arus mudik dan balik.

“Operasi terpusat Ramadniya Krakatau 2017 digelar di wilayah Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa dengan memiliki pelabuhan penyeberangan Bakauheni dan jalur Lintas Sumatera harus menciptakan situasi nyaman selama pengamanan mudik”ungkap Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra dalam sambutannya saat apel gelar pasukan operasi Ramadniya di area parkir dermaga VII Pelabuhan Bakauheni, Senin sore (19/6/2017).

Sebagai persiapan untuk pelayanan arus mudik seluruh jajaran personil gabungan melibatkan berbagai unsur telah disiapkan di beberapa lokasi di sepanjang Jalan Lintas Sumatera dan sebelumnya sesuai instruksi presiden pengamanan dan stabilisasi harga pangan dilakukan dengan adanya satuan tugas pangan berkoordinasi dengan Pemkab Lamsel,bulog dan karantina.

Polres Lampung Selatan juga terang AKBP Adi Ferdian Saputra menyebut Polres Lampung Selatan menyediakan sebanyak 13 posko pengamanan,posko terpadu,posko pelayanan mulai dari Pelabuhan Bakauheni, Bandara Raden Intan II Natar serta di sepanjang Jalan Lintas Timur dan Jalan Lintas Timur Lampung. Selain personil Polres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra juga menyebut suksesnya operasi Ramadniya Krakatau 2017 tak lepas dari peran serta berbagai pihak diantaranya unsur pemerintah,TNI,masyarakat serta para relawan yang membantu kelancaran arus mudik hingga arus balik.

Pada posko terpadu pelabuhan Bakauheni Kapolres juga menyebut anggotanya tidak akan lengah terfokus pada pelayanan arus mudik dan arus balik namun tetap bertugas mengamankan Lampung Selatan dari berbagai tindak kejahatan konvensional termasuk penyelundupan narkoba. Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat polisi juga akan mengawal pemudik dengan pengguna kendaraan roda dua yang akan melakukan perjalanan secara konvoi untuk menjaga keamanan dan pengamanan di pelabuhan Bakauheni akan diperketat selama arus mudik dan balik. [Henk Widi]

Lihat juga...