hut

Pengamanan Idul Fitri, Polresta Malang Gelar Pasukan OPS Ramadniya Semeru

MALANG — Bertempat di alun-alun Kota Malang, Polresta Malang mengadakan kegiatan Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Semeru 2017 guna mengamankan perayaan hari raya Idul Fitri. Dengan mengangkat tema kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1438 H, apel pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang, Mochammad Anton.

Aparat kepolisian siaga amankan mudik 2017.

Dalam sambutan Kapolri, Tito Karnavian, yang dibacakan oleh Wali Kota Malang Mochammad Anton disebutkan bahwa apel gelar pasukan tersebut adalah wujud kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan pengaman hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personil beserta sebelum menjalankan tugas dilapangan. Rencana operasi diharapkan bisa dilakukan secara sinergis oleh seluruh pasukan pengamanan yang terlibat sehingga umat muslim dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman dan lancar.

“Setidaknya ada tiga poin utama yang menjadi perhatian dalam pengamanan kali ini yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi Kamtibnas yang kondusif dan keamanan serta kelancaran arus mudik serta arus balik,” ujarnya.

Lebih lanjut ditemui usai memimpin apel pasukan, pria yang akrab disapa Abah Anton tersebut mengatakan bahwa ia bersama dengan Forum Koordinasi Pompinan Daerah (Forkopmda) beserta pihak kepolisian Kota Malang akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin untuk bisa memberikan kenyamanan, keamanan dan ketenteraman kepada masyarakat Kota Malang dalam merayakan Idul Fitri.

“Ada hal-hal yang menjadi perhatian kita ketika warga Malang banyak yang mudik. Yang perlu kita waspadai adalah bagaimana menjaga keamanan rumah-rumah yang mereka tinggalkan untuk mudik. Kami berharap kepada masyarakat jika meninggalkan rumah harus benar-benar dikunci dan dicek terlebih dulu mulai dari kompor maupun listriknya sehingga tidak terjadi hal-hal yang membatalkan,” tuturnya.

Kami sudah siapkan semua pasukan untuk menjaga keamanan termasuk pasukan pemadam kebakaran.

“Prinsipnya kami akan mencoba terus memperbaiki untuk pengaman Idul Fitri. Apa yang sudah baik akan kita pertahankan dan yang dirasa kurang akan kita perbaiki,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolresta Malang, AKBP Hoirudin Hasibuan menyebutkan pihaknya telah menyiapkan enam pos pantau untuk pengamanan hari raya Idul Fitri di Kota Malang. Pos-pos tersebut berada di Terminal Arjosari, jembatan UB, simpang Kacuk Barat, simpang Sawojajar, Mitra Satu Alun-alun Kota Malang dan stasiun kereta api.

“Untuk jumlah pasukan yang disiapkan yakni 960 personil yang terdiri dari berbagai unsur di antaranya Polri, TNI, Pemda, organisasi masyarakat, kemudian dari kesehatan dan adik-adik Pramuka,” terangnya. Pelaksanaan pemantau dari pos-pos pantau dimulai hari ini. (Agus Nurchaliq)

Lihat juga...