Walikota Balikpapan Dorong ASN Segera Bayar Zakat 

BALIKPAPAN — Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, mendorong warga dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan untuk membayarkan zakat maal (harta), infaq setelah membayarkan zakat fitrahnya.
Menurut Rizal, kegiatan pembayaran zakat yang dilakukan hari ini untuk mendorong dan memotivasi warga, agar segera membayarkan zakat fitrahnya, sehingga pihak pengelola zakat ataupun masjid bisa langsung menyerahkan bagi yang wajib menerimanya.
“Kegiatan ini untuk mendorong warga, agar membayar zakat, PNS juga segera membayarkannya ke Baznas,” ungkapnya, usai sosialisasi dan penyerahan zakat fitrah ke Baznas Balikpapan, di Aula Kantor Pemkot Balikpapan, Senin (19/6/2017).
Selain itu, pihaknya juga mendorong PNS dan warga juga segera membayarkan zakat hartanya dan infaq bagi yang berkewajiban membayarkan zakat hartanya. “Setelah zakat diberikan pihak pengelola zakat seperti Baznas menyalurkan sesuai aturannya untuk yang berhak mendapatkannya,” tandasnya.
Di tempat yang sama, Kepala Baznas Balikpapan, Sarjono, mengatakan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan mayoritas membayarkan zakatnya ke Baznas. Apalagi, mereka yakni PNS Pemkot setiap bulannya juga membayar zakat profesinya.
“Ya, PNS bayarnya di Pemkot melalui Baznas, jadi sudah terakomodir dengan baik. Zakat profesi juga sudah bayar,” katanya.
Disebutkannya, pada tahun lalu perolehan zakat fitrah baik PNS di lingkungan Pemkot dan swasta yang dikelola Baznas mencapai Rp450 juta. “Hasil perolehan zakat langsung dibagikan kepada mereka yang berhak, dan langsung dibagikan,” sebutnya. (Ferry Cahyanti)
Lihat juga...