hut

Belimbur, Puncak Festival Erau Disambut Suka Cita Warga

TENGGARONG – Salah satu acara yang paling ditunggu masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara dalam Festival Erau adalah ritual Belimbur. Ini merupakan tradisi masyarakat setempat yang mengekspresikan suka cita dengan cara saling menyiram air.

Prosesi Belimbur ditandai dengan ritual Sultan Adji Muhammad Salehoeddin II naik rangga titi atau balai yang terbuat dari bambu. Acara Belimbur diawali prosesi Ngulur Naga. Sepasang Naga digotong belasan prajurit Kesultanan dari Keraton atau Museum Mulawarman, lalu diturunkan ke kapal yang merapat di depan museum.

Kapal itu membawa sepasang naga menuju ke Kutai Lama, Anggana untuk dilarungkan. Dalam prosesi naik rangga titi, sultan akan memercikkan air tuli, yakni air suci yang dibawa dari Kutai Lama.

Sementara itu, ribuan warga sudah memadati halaman Museum Mulawarman, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara untuk menyaksikan prosesi Belimbur dari rangkaian Festival Erau. Mereka yang datang sudah bersedia menyiram air dengan kantong plastik dan botol. Bahkan, lima unit mobil pemadam juga bersedia menyemprotkan air ke ribuan warga dan warga bersuka cita. Selanjutnya mereka saling menyiramkan air.

Terpisah, ratusan warga Teluk Dalam, tua-muda, pria-wanita, bergerombol di depan rumah sambil membawa aneka tempat air, seperti ember, gayung, tong, plastik hingga selang. Perlengkapan itu untuk menyiram  setiap masyarakat yang melintas di jalanan.

Warga yang melintasi menggunakan kendaraan roda dua dan empat akan disemprot air di sepanjang jalan selama proses Belimbur berlangsung. “Kegiatan Belimbur menjadi pertama kali bagi saya, karena pertama datang ke Festival Erau. Rasanya senang, karena bisa ikut dalam acara ini,” kata Ranti warga Kota Samarinda, Minggu (30/7/2017).

Dia menambahkan kegiatan Erau banyak dinanti masyarakat untuk berwisata budaya sebab sangat menarik, apalagi Kaltim memiliki banyak budaya yang dapat diperlihatkan. “Walau basah, tapi senang kan tidak setiap hari,” ujarnya.

Ranti. Foto: Ferry Cahyanti

 

Lihat juga...