hut

Dunia Anak dan Ruang Bermain yang Sehat

BALIKPAPAN – Dunia bocah seperti dongeng, selalu dipenuhi fantasi, petualangan, keceriaan dan permainan. Bermain adalah salah satu fase yang paling penting dalam rangka tumbuh kembang anak.  Selain bagus untuk perkembangan motorik mereka, permainan dengan aktivitas fisik, membantu ketahanan daya tubuh mereka.

Bermain juga menciptakan interaksi sosial, rasa tanggung jawab, sekaligus solidaritas. Mereka bisa saling berbagi kebahagiaan serta melatih kepercayaan diri. Anak-anak selalu menghadirkan keceriaan dalam keluarga. Tak jarang dalam memilih liburan pun, pendapat mereka menjadi rujukan orangtua. Pilihan tentu jatuh pada arena  rekreasi yang tak cuma menyenangkan, tetapi mengandung nilai edukasi.

Di Kota Balikpapan, lokasi bermain anak-anak tersebar hampir di seluruh penjuru kota. Dengan komitmen Pemerintah Kota Balikpapan untuk menuju Kota layak Anak, wahana permainan anak di kota balikpapan terus bertambah dari tahun ke tahun. Tidak hanya di ruang terbuka hijau yang bertambah, namun di pusat perbelanjaan dan pelayanan publik juga wahana permainan itupun bertambah. Misalnya di pusat perbelanjaan pihak swasta menyediakan fasilitas wahana permainan, di Perpustakaan Daerah Balikpapan juga menyediakan untuk anak yang mengembangkan motorik anak dan memotivasi anak untuk membaca.

Wahana permainan anak di perpustakaan. Foto: Ferry Cahyanti

Salah seorang warga Balikpapan Anisa (34) mengaku tempat bermain anak di Balikpapan cukup banyak baik itu di ruang publik, terbuka hingga pusat perbelanjaan mall juga menawarkan permainan anak. “Banyak pilihan permainan ya, tinggal anak memilih dan orangtua dapat mengarahkan permainan apa yang cocok untuk kembang anak,” katanya saat mendatangi perpustakaan daerah, Minggu (23/7/2017).

Menurutnya, bermain bergembira bersama buah hati selalu menjadi saat yang menyenangkan bagi keluarga. Perpustakaan juga salah satu tempat bermain yang beredukasi, sekaligus merangsang motorik anak untuk tumbuh dan memotivasi anak untuk mengembangkan rasa ingin tahu dengan membaca. “Kali ini saya ajak anak ke Perpustakaan, karena di ruangan ini juga menyediakan buku anak bergambar, sekaligus tempat bermain,” ucapnya.

Terpisah, seorang warga lainnya Nadya mengatakan bermain dengan anak di akhir pekan hal yang menyenangkan salah satunya dengan mengajaknya ke arena air seperti berenang. Tempat bermain anak untuk wahana bermain anak sudah banyak seperti  water park dan lainnya. “Kali ini saya ajak bermain di air biar tetap semangat, karena mereka sudah bersekolah. Tumbuh kembang anak menjadi hal yang penting bagi saya,” tandasnya.

Wahana permainan itu tidak hanya ada di mall yang disukai warga Balikpapan, banyak permainan di ruang terbuka hijau, fasilitas publik yang bisa dinikmati masyarakat.  Ada taman tiga generasi salah satunya yang bisa dikunjungi untuk keluarga dan objek wisata lainnya.

 

 

Lihat juga...