hut

Festival Erau Pukau Warga Bulgaria

TENGGARONG – Sejumlah negara turut ambil bagian dalam Erau Adat Kutai-International Folk Art Festival 2017 di Kabupaten Kutai kartanegara. Mereka tidak hanya menjadi penggembira acara tahunan itu, melainkan juga menampilkan seni tradisi negara masing-masing.

Usai tampil, para kontingen menyempatkan berwisata di Kotaraja, sebutan Kota Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong. Seperti dilakukan kontingen asal Bulgaria yang mengunjungi Taman Kreatif pada Sabtu (29/7/2017), sore. Sebanyak 26 peserta asal negara produsen anggur itu menyempatkan berfoto bersama dengan latar Tenggarong City Sign.

Kepada Cendana News, Koordinator Kelompok Ansamble Folk Bulgaria, Evelyn, mengaku memperoleh pengalaman baru. “Ini pertama kalinya saya dan rekan-rekan datang ke Indonesia dan berada di kota ini. Kami senang bisa berpartisipasi dan berkenalan dengan banyak orang,” katanya penuh antusias. Menurut Evelyn, festival ini dirancang sangat menarik sehingga ia dan rekan-rekannya dapat mempelajari berbagai budaya yang ditampilkan.

“Festival ini di-organize dengan baik sehingga kami bisa mempelajari kultur Anda yang unik. Bagi kami, ini benar-benar berbeda dengan apa yang pernah saya lihat sebelumnya,” kata perempuan yang mahir menari ini. Sejak sepekan di Tenggarong, Evelyn mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. “Kami banyak mengikuti seremoni dan ritual adat di sini. Bagi kami, ini merupakan pengalaman paling indah,” katanya. Evelyn dan rekan-rekannya berharap dapat bergabung kembali dengan berbagai festival budaya di Indonesia.

Tahun ini, jumlah negara yang ikut serta menyemarakkan Erau Adat Kutai-Internasional Folk Art Festival sebanyak tujuh negara. Korea Selatan, Bulgaria, Taiwan, India, Jepang, Thailand, Polandia dan Slovakia. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, tak jauh dari Taman Kreatif tersebut di Lapangan Basket Timbau juga diselenggarakan festival seni tradisi Kutai, salah satunya tarian adat Kutai. Beberapa penari menampilkan tariannya di depan ratusan pengunjung yang datang ke Kabupaten Kutai Kartanegara-Tenggarong. Erau Adat Kutai pada tahun ini diselenggarakan hingga 31 Juli mendatang.

Evelyn, warga Bulgaria, koordinator kelompok Ansamble Folk Bulgaria. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...