hut

Gelaran Pesona Budaya Tabanan di TMII

JAKARTA – Pagelaran Pesona Budaya Provinsi Bali, menampilkan seni budaya Kabupaten Tabanan, digelar pada Sabtu (22/7/2017) malam di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Mengawali pagelaran ini, tersuguhi tampilan memukau tari maskot Kabupaten Tabanan Tari Bungan Sandat Serasi. Bungan Sandat adalah sebuah pohon yang paling dekat bunganya dengan manusia. Kebaikan Bungan Sandat menyebarkan bau yang sangat harum sehingga menjadi idola setiap orang. Filosofi yang dilandasi dengan konsep Tri Dhipa Karana, Bungan Sandat bermakna sebagai sarana atau gambaran dalam kehidupan masyarakat sebagai simbol keharuman, keagungan, dan keindahan.

Acara ini juga dihadiri Bupati Kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Direktur Budaya TMII Sulistyo Tirtokusumo, Kepala Dinas Kesenian Provinsi Bali, Duta Besar negara tetangga, dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya terkhusus kepada TMII dan Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Tabanan  untuk kembali memamerkan produk kerajinan dan gelar seni budaya Kabupaten Tabanan.

“Sehingga Tabanan lebih dikenal dan dicintai. Terima kasih  atas kesempatan yang telah diberikan,” ujar Eka.

Hal ini, menurut Eka, sangat luar biasa karena pihaknya dapat mengangkat derajat seniman yang ada di Tabanan. “Saya sendiri sudah lihat untuk tarian Bungan Sandat itu kalau nggak salah dua bulan persiapan, semangatnya sangat luar biasa. Saya sekali lagi ucapkan terima kasih dan mudah-mudahan  ini akan menjadi ajang untuk kami di Tabanan bisa lebih mempromosikan budaya Tabanan sehingga lebih dikenal,” ungkapnya.

Tentu, tambah Eka, bahwa selain alamnya Tabanan juga kaya akan seniman. Oleh karena itu dengan ajang ini mengingatkan kembali bahwa banyak sekali seniman maestro berasal dari Tabanan. Tari Pendet juga berasal dari Tabanan. Itu mungkin banyak yang tidak tahu.

“Oleh karena itu sesuai ajaran Bung Karno, marilah kita mewujudkan kepribadian  berdasarkan budaya. Karena dengan budaya kita akan bersatu dan budaya kita juga akan dikenal. Dengan budaya pula  kita lebih cinta bangsa dan tanah air,” ujar Eka.

Eka berharap ke depan akan ada kesempatan lagi yang diberikan untuk Kabupaten Tabanan guna mewakili Bali. Ini merupakan program yang sangat bagus. “Mudah-mudahan pesona seni kami dari Tabanan bisa memberikan keindahan,” ujarnya.

Pamungkas acara juga menampilkan karya seni Kabupaten Tabanan lain berupa fragmen tari, lakon bertajuk “Wiroda Tan Mapahala Ayu” yang sangat memukau penonton yang hadir.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (baju hijau, tengah) bersama Direktur Budaya TMII Sulistio Tirtokusumo, Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Duta Besar negara tetangga dan para artis penari dalam Pagelaran Pesona Budaya Provinsi Bali, Kabupaten Tabanan, di anjungan Bali TMII. Foto: Sri Sugiarti
Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!