HAN 2017, Beragam Pentas Seni akan Digelar di TMII

332

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Istana Anak-Anak Indonesia (IAAI), pada Minggu 23 Juli 2017, mendatang.

Acara ini akan menampilkan ragam menarik, di antaranya Tari Hanoman Duta dari Sanggar Purwasima, Opera Sang Nitra, gelar seni prestasi, pangelaran teather spesial ‘Mengapai Mimpi’, pentas dongeng anak, dan gelar musik Atmaja.

“Anak-anak yang akan tampil dalam perayaan HAN 2017 adalah binaan Taman Mini,” ujar Ertis Yulia, Manager Informasi dan Budaya Wisata TMII, kepada Cendana News, saat ditemui diruang kerjanya.

Dijelaskan Ertis, tampilan operat, pangelaran teahter, dan pentas dongeng anak akan memberikan edukasi kepada anak-anak yang hadir di peringatan HAN 2017. Begitu juga gelar seni memberikan kesempatan anak-anak berprestasi untuk bisa tampil menjadi inspirasi bagi anak-anak.

Selain itu, talkshow edukasi, workshop karawitan anak, pameran pendidikan anak, pameran museum, dan lomba mewarnai anak,  juga  akan menghiasi kemeriahan HAN 2017.

Dipusatkan di IAAI, pengelola TMII beralasan bahwa wahana ini adalah dunianya anak-anak tempat yang ideal bagi mereka. Apalagi, kata Ertis, Taman Mini memiliki visi dan misi tidak mengarah pada komersial, namun lebih pada bagaimana Taman Mini berperan dalam memajukan, memfasilitasi, dan mendidik anak-anak secara karakter sebagai generasi masa depan.

“Dalam momen khusus Hari Anak ini, pastinya akan banyak anak berkunjung ke Taman Mini. Ya, tentu saja, bagaimana  memperkenalkan budaya kepada mereka. Di sinilah Taman Mini berperan lebih kepada nilai-nilai edukasi,” ungkap Ertis.

Selain dipusatkan di IAAI, semua anjungan yang ada di Taman Mini pun turut serta memperingati Hari Anak Indonesia. Seperti halnya anjungan Bali yang akan menggelar ‘Pesona Budaya Daerah Bali, Kabupaten Tabanan, yakni Tari Maskot Tabanan, Tari Bungan Sandat Serasi,  dan fragmen tari berlakon Wiroda Tari Mapala Ayu, serta tari bisuh Bikul Rusuh.

Pangelaran ini akan disuguhkan pada Sabtu (22/7/2017), malam. Selain tarian, anjungan Bali juga menggelar pameran kerajinan Kabupaten Tabanan.

Pada Minggu (23/7/2017), anjungan Jawa Timur akan menggelar pentas duta seni Kabupaten Bojolali. Pentas seni Sanggar Delima akan ditampilkan di anjungan Kalimantan Barat. Sementara itu, anjungan Jawa Tengah akan mengelar lomba membatik dan peragaan busana adat Jawa Tengah. Kedua acara ini akan digelar dengan jam yang sama, yakni pukul 10.00 WIB.

Anjungan Bengkulu, juga turut serta dalam perayaan HAI 2017 ini dengan pagelaran seni budaya dan pameran produk unggulan dan kuliner. Acara di anjungan Bengkulu ini digelar pada Jumat (21/7/2017).

“Anjungan-anjungan tetap mendukung kaitannya dengan visi misi Taman Mini, yaitu pelestarian budaya. Jadi, bagaimana memperkenalkan ragam budaya daerah kepada pengunjung,” ujar Ertis.

Adapun target pengunjung pada HAN 2017 ini, pengelola Taman Mini berharap bisa menembus 40-50 ribu pengunjung. “HAN ini target 40-50 pengunjung, karena biasanya even ini memiliki daya tarik sendiri. Sedangkan kalau Sabtu-Minggu biasa, pengunjung itu mencapai 30 ribu,” pungkas Ertis.

Baca Juga
Lihat juga...