hut

Jumlah Bank Sampah di Balikpapan Jauh dari Ideal

BALIKPAPAN — Guna mengurangi jumlah sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Manggar, Dinas Lingkungan Hidup akan menambah bank sampah. Saat ini jumlah bank sampah di Balikpapan hanya sekitar 107.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan, Suryanto, mengungkapkan jumlah bank sampah yang dimiliki saat ini jauh dari angka ideal. Karena, idealnya bank sampah sesuai dengan jumlah RT di kota. “Sekarang kalau dilihat jumlah bank sampah yang bisa memilah sampah baru 107. Jumlah itu jauh dari angka ideal. Idealnya itu sesuai jumlah RT kan ada 1.600 jumlahnya,” ucapnya, Jumat (21/7/2017).

Untuk mengurangi sampah yang diangkut setiap harinya 400 hingga 500 ton per hari itu, pihaknya gencar menyosialisasikan ke perusahaan dan fasilitas kesehatan seperti puskesmas maupun rumah sakit. “Kita lakukan kunjungan ke rumah sakit dan 27 puskesmas yang tersebar di kota. Sampahnya kan turut menyumbang sampah harian yang diangkut. Kalau ada bank sampah, mereka bisa memilah sendiri,” kata mantan Kepala Bappeda Balikpapan.

Menurut Suryanto, melalui bank sampah setiap harinya sampah yang terangkut akan berkurang. Karena dengan memilah sampah banyak manfaat, bila peduli dengan lingkungan.

Suryanto menyebut, menyasar ke perusahaan besar di Balikpapan dengan ikut sosialisasi di program BPJS. “Melalui acara BPJS ada 200 perusahaan yang kami minta untuk bisa memilah sampah yang selanjutnya dibuang ke bank sampah sekitarnya,” tandasnya.

Menyasar ke perusahaan dan fasilitas kesehatan itu lanjutnya, masih dalam tahap sosialisasi dan ditargetkan hingga Agustus mendatang. “Uang hasil penjualan sampah yang dipilah perusahaan bisa untuk membayar iuran masyarakat miskin yang tak mampu,” tambahnya.

Lihat juga...