hut

Kepesertaan KB di Balikpapan Capai 65 Persen

BALIKPAPAN — Tahun ini, Kota Balikpapan telah memiliki 8 kampung Keluarga Berencana (KB) yang terdapat di enam Kecamatan. Keberadaan Kampung KB itu diharapkan mampu mendongkrak kepesertaan KB di kota. 

Saat ini, angka kepesertaan Pasangan Usia Subur (PUS) yang sudah ber-KB di Kota Madinatul Iman ini telah mencapai 65 persen, dari jumlah PUS di Balikpapan. Ditargetkan, tahun ini angka kepesertaan KB akan meningkat dari sebelumnya.

“Harapannya bisa 68 persen angka kepesertaannya, dan itu sudah bagus. Kita nggak bisa paksa orang untuk ber-KB, sementara belum memiliki anak. Jadi, yang kita sarankan ber-KB itu yang sudah memiliki dua anak dan masih PUS,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Sri Wahyuningsih, Kamis (20/7/2017).

Dikatakannya, Kampung KB merupakan salah satu upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk sekaligus pembangunan daerahnya untuk mendorong percepatan pembangunan keluarga sejahtera dan keluarga berkualitas.

“Kampung KB mulai ada pada 2016, kemarin, dan di Balikpapan kini sudah memiliki 8 kelurahan yang dijadikan Kampung KB. Penentuan lokasi juga berdasarkan peran bapak lurah setempat,” paparnya.

Perempuan yang akrab disapa Yuyun itu juga menerangkan, penetapan Kampung KB berdasarkan juknis, yakni wilayah kumuh dan miskin (Kumis), di mana kumuh miskin ini tingkat kepesertaan ber-KB rendah dan ada banyak persoalan di daerah itu.

“Melalui Kampung KB dan sesuai juknis dalam penentuan lokasinya, maka setiap persoalan di daerah itu akan ditangani secara lintas sektoral. Misal, soal keluarga yang kurang mampu, lalu bagaimana membantu dalam sektor usaha, kemudian jumlah anak untuk pasangan usia subur sudah lebih dari dua,” ulasnya.

Dari 8 kampung yang sudah ada ini, selanjutnya dimaksimalkan dengan program-program yang sesuai dengan karakter daerah dan persoalannya. “Kita evaluasi dulu keberadaan Kampung KB yang sudah ada ini. Kita lakukan program-program intervensi. Evaluasi juga tidak satu atau dua bulan, karena menjalankan program juga tidak cepat lihat hasilnya. Kita lihat dulu yang ada berjalan sesuai programnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, program Kampung KB merupakan program dari pemerintah pusat. Di Balikpapan sendiri terdapat 8 kampung KB, di antaranya Kelurahan Manggar, Manggar Baru, Karang Jati, Baru Ulu, Sungai Nangka, dan dua lagi berada di Kecamatan Balikpapan Kota dan Tengah.

Lihat juga...