hut

Pagelaran Budaya di Anjungan Jawa Tengah TMII

JAKARTA – Malam Pagelaran Seni Budaya dan Pameran Produk Unggulan Kota Tegal di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu, terlihat meriah.

Wali Kota Tegal, Hj. Siti Masitha Soeparno menyanyikan lagu “Nonton Bioskop” dengan alunan musik.

Wali Kota Tegal, Hj. Siti Masitha Soeparno. Foto: Sri Sugiarti

Menyanyikan lagu yang dipopulerkan almarhum Benyamin Suaib ini, dirinya ditemani oleh para Kepala Dinas Kota Tegal, Camat, dan Lurah se-Kota Tegal.

“Malem minggu, aye pergi ke bioskop… Bergandengan, ame pacar nonton koboi… Beli karcis, tau tau keabisan… Jaga gengsi, terpakse beli cabutan. Aduh emak asiknye. Nonton dua-duaan, kaye nyonye dan tuan di gedongan”. Itulah syair lagu yang ditembangkan Walikota Tegal bersama anak buahnya dengan sambil berjoget terlihat akrab.

“Malam ini adalah malam untuk kita, malam pentas seni budaya mari kita sama-sama bergembira. Pemerintah Kota Tegal selain giat bekerja juga mengimbangi dengan berkesenian nyanyi bersama, senam bersama bahkan tari bersama,” ungkap Walikota Tegal.

Berlanjut dengan lagu “Maumere”. Gerak ke kanan kiri pun terus dilakukan diantara mereka sambil bernyanyi “Maumere da gale kota Ende Popin gisong gasong la leluk ele rebin ha”. Lagi-lagi tampilan mereka membuat hadirin tepuk tangan sebagai tanda terhibur.

Malam mingguan dengan suasana cerah ini juga bisa dinikmati oleh Warga Kota Tegal dalam balutan aneka tari kreasi Kota Pesisir ini.

Tari Merak Seribu Sayap, salah satunya. Tarian ini sangat memukau. Pesona bulu tak kalah mengembang, begitu bermakna dalam sentuhan gemulai  para penari, berbalik rancak menyatu dalam tampilan mempesona.

Begitu juga tampilan tari Gebyar Tegal Pesisir. Filosofi tarian yang digerakkan oleh 21 penari ini menggambarkan jiwa yang begitu hangat, disiplin dan penuh semangat dalam mempromosikan serta cinta produk-produk kreasi Kota Tegal. Yang diharapkan bisa terkenal tak hanya jadi produk unggulan dalam negeri tapi juga dikenal di luar negeri.

Kemeriahan berikutnya adalah adanya tembang “Wadon Bae” yang dilantunkan Walikota Tegal bersama-sama Kepala Dinas, Camat, Lurah, dan bahkan para dubes pun turut naik panggung bergoyang. Sebagai penutup, lagu “Kemesraan Iwan Flas” menambah syahdu suasana keakraban hati.

Kemeriahan pagelaran budaya di anjungan Jawa Tengah TMII. Foto: Sri Sugiarti
Lihat juga...