hut

Pasca Terbakar, Para Pedagang Pasar Sepinggan Belum Berjualan

BALIKPAPAN — Pasca terbakarnya 16 kios Pasar Sepinggan Balikpapan, hingga kini pedagang yang kiosnya terbakar belum berjualan menyusul barang dagangannya sudah ludes terbakar.

Seorang pedagang sepatu korban kebakaran Muhammad Nur mengatakan akibat kebakaran yang terjadi pada (16/7/2017) kemarin hingga kini bersama 16 pedagang lainnya belum berjualan.

“Saat itu barang dagangan ada di kios semua, dan semuanya habis terbakar. Karena saat itu musim masuk sekolah jadi barang dagangan dibawa semua,” ujarnya saat didatangi Komisi II DPRD Balikpapan, Selasa (18/7/2017).

Menurutnya, saat musim ajaran baru biasanya omzet yang diperoleh mencapai Rp2 juta, sedangkan hari biasa bisa mencapai Rp1 juta.

“Kalo musim anak sekolah, biasanya banyak pembeli dan pengaruh sama omzet saya. Tapi karena ludes terbakar ya ga bisa jualan,” paparnya.

Hal yang sama juga dikatakan Aslamuhanah. Ia menceritakan setelah kebakaran yang dilakukan hanya bersih-bersih dan belum berjualan. Kios yang dimiliki dengan ukuran 3×4 dan jualan sejak 2006 silam.

“Harapannya ada bantuan dan dibangunkan penampungan sementara untuk berjualan lagi. Kalau sudah begini kita nggak bisa jualan,” tukasnya dengan wajah yang sedih.

Dalam kesempatan iti Ketua Komisi II DPRD Muhammad Taqwa menjelaskan akan memanggil Dinas Perdagangan untuk melakukan inventarisir masalah dan diusulkan untuk dicarikan solusinya.

“Yang memungkinkan adalah relokasi sementara kan ada area parkir itu bisa dimanfaatkan karena sudah tidak ada area untuk korban kebakaran,” ungkapnya didampingi anggota Budiono, Iwan Wahyudi, Sandi Ardian, Doris Eko dan Gazali.

Dikatakannya, peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi pedagang pasca kebakaran dan solusi yang ditawarkan pemerintah kota.

Terpisah Wali Kota Rizal Effendi mengatakan secepatnya perbaikan lokasi pasar yang terbakar. Kini Dinas Pekerjaan Umum masih melakukan penghitungan dari kerusakannya.

“Nanti PU yang hitung. Anggaran tanggap darurat, kita lihat dulu angkanya. Kalo besar bisa nggak cukupkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, akibat kebakaran pada Minggu pagi (16/7) tersebut terdapat 16 kios yang rusak. Dari 16 kios, 5 terbakar ringan dan sisanya habis terbakar.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!