hut

Pembangunan Sentra Industri Kecil Teritip Segera Terealisasi

BALIKPAPAN — Rencana pemerintah membangun Sentra Industri Kecil Teritip kota Balikpapan akan segera terealisasi tahun ini, menyusul proses pembangunan memasuki tahap fisik. Proses pembangunan fisik dilakukan setelah proses lelang selesai, dan anggaran sentra industri berasal dari dana alokasi khusus (DAK) Pemerintah Pusat.

Pada 2017 ini pembangunan fisik yang akan dibangun yakni pembangunan 20 unit rumah produksi, jalan dalam, instalasi pengolahan air, hingga proses land clearing. Adapun anggaran pembangunan fisik untuk sentra industri kecil Teritip tahun ini sebesar Rp24 miliar lebih. Selanjutnya, tahun 2017 kembali diusulkan untuk pembangunan fisiknya sesuai dengan siteplan.

“Tahun ini tahap awal bangun 20 rumah produksi, papan nama, jalan masuk, Ipal drainase, sumur dalam. Itu semua anggaran dari DAK Kementerian Perindustrian,” terang Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Doortje Marpaung, Rabu (26/7/2017).

Ia menjelaskan pembangunan fisik untuk sentra industri Teritip itu sebesar Rp24 miliar pada tahun 2017 dan saat ini proses land clearing akan berjalan, dan tahap pembangunan segera dilaksanakan sesuai dengan site plant.

“Semoga pembangunan fisik yang direncanakan ini sesuai rencana sehingga sentra industri ini sesuai dengan harapan dapat dimanfaatkan IKM,” ungkapnya.

Adapun luas area yang dibangun seluas 6,4 hektare. Pembangunan sentra industri kecil Teritip ini untuk IKM hasil pertanian keluatan dan perikanan, yang bisa menampung 48 IKM.

Doortje menyebutkan jika seluruh rencana pembangunan fisik tahun ini terealisasi, para pengusaha IKM sudah bisa menempati rumah produksi untuk mulai menjalankan bisnisnya.

“Rencananya baru 20 rumah produksi yang bisa dibangun. Kalau itu jadi maka IKM sudah bisa menggunakannya untuk memproduksi hasil perikanan dan kelautan,” bebernya.

Ia menambahkan sentra IKM tersebut menjadi wadah pengembangan hilirisasi produk-produk pertanian, kelautan, dan perikanan. Minimal, pengusaha yang telah memiliki alat produksi dapat menempati dan beroperasi di Sentra IKM Teritip.

Lihat juga...