hut

Pembebasan Lahan Paket I Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Tuntas

BALIKPAPAN — Pembangunan jalan tol yang menghubungkan kota Balikpapan – Samarinda Provinsi Kalimantan Timur saat ini memasuki progres baru. Pembangunan terdapat 5 seksi atau paket.

Pembangunan jalan tol ini dimulai sejak Januari 2011 silam, dimulai sepanjang 99,02 km menjadi proyek strategis yang didanai pemerintah pusat yang terbagi 5 seksi dan dilaksanakan secara multiyears.

Asisten I Sekkot Balikpapan Syaiful Bahri memastikan paket I bahwa dalam pembebasan lahan tidak menemui kendala artinya proses pembebasan lahan sudah tuntas, sehingga pembangunan tinggal aksesorisnya.

“Kalau progres pembangunan untuk Seksi 1 sudah tuntas, tinggal aksessorisnya aja yang belum. Targetnya akhir 2018 depan selesai semua,” jelasnya Kamis, (27/7/2017).

Menurutnya, secara fisik dan kontruksi pembangunan berjalan terus dan pembebasan lahan juga berjalan karena ditargetkan pada 2018 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda selesai.

“Pembangunan jalan tol ini menjadi proyek strategis pemerintah, sehingga anggaran juga dari pemerintah. Untuk lahan paket I sudah tuntas,” tandasnya.

Disebutkannya, jalan tol Seksi 1-4 itu Balikpapan-Samarinda. Sedangkan Seksi 5 Km 13 tembus ke Manggar. Dan khusus seksi 5 pelaksanaan proyek masih menyelesaikan pembebasan lahan dan tinggal menunggu persetujuan.

Syaiful mengharapkan pembangunan jalan yang menghubungkan Balikpapan – Samarinda – Kukar ini dapat segera rampung agar kemudahan akses jalan dapat dirasakan masyarakat.

Lihat juga...