hut

Predikat Pertama Pelayanan Terbaik Diraih Bandara Sepinggan Balikpapan

BALIKPAPAN — Pada semester I tahun 2017, Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan meraih predikat pertama dalam survei kepuasan pelayanan terbaik tahun 2017. Survei sendiri dilakukan dari Airport Council International (ACI) pada Airport Service Quality (ASQ) pada triwulan II kategori kapasitas 5-15 juta penumpang.

Predikat pertama dalam meraih pelayanan terbaik ini merupakan prestasi yang kedua pada semester I, setelah sebelumnya pada triwulan I meraih urutan ketiga dalam survei pelayanan yang dilakujan ACI.

GM PT Angkasa Pura I SAMS Sepinggan Balikpapan, Pujiono menuturkan, keberhasilan predikat pelayanan terbaik sesuai dengan komitmen bandara Balikpapan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa transportasi udara dengan inovasi baru.

Terdapat 22 item perbaikan pelayanan yang dijalankan selama 2016-2017. ACI sendiri merupakan asosiasi bandara dunia untuk membina kerjasama antar bandara anggota dan mitra penerbangan dunia. Sedangkan ASQ mengukur pandangan penumpang dari 34 indikator kinerja utama salah satunya, akses bandara dan pelayanan.

GM PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Pujiono – [Foto : Ferry Cahyanti]
“Predikat ini sesuai dengan komitmen bandara dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Ada 22 item perbaikan pelayanan yang dijalankan. Perbaikan dan inovasi baru itu internet corner, reading corner, photoboth dan tiga dimensi,” katanya usai penyerahan penyaluran pinjaman kemitraan program CSR di kantor Angkasa Pura Balikpapan, Kamis pagi, (27/7/2017).

Menurutnya, penyediaan beberapa fasilitas itu harus berkesinambungan sehingga mendapatkan keunggulan yang kompetitif agar dapat mengoptimalkan kinerja pendapatan non-aeronautika.

“Perbaikan pelayanan terus dilakukan baik dari sisi fasilitas dan pelayanan. Ini menjadi langkah awal untuk terus meningkatkan pelayanan, dan diperlukan dukungan dari masyarakat maupun pengunjung. Masih perbaikan pelayanan yang perlu dilakukan yakni keramahan petugas yang ditingkatkan,” tandasnya.

Pujiono menambahkan, bersama seluruh jajaran, maskapai termasuk pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama agar predikat ini dapat dipertahankan.

Untuk diketahui, hasil penilaian tersebut menggeser bandara Shenyanh Taoxian International Airport (SHE) Tiongkok yang saat survei triwulan pertama menduduki peringkat pertama.

Lihat juga...