Produk Unggulan Tabanan Dipamerkan di TMII

295

JAKARTA – Kabupaten Tabanan menjadi pionir dalam acara pesona budaya daerah Bali yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sejak hari Jumat (21/7/2017) sampai Minggu (23/7/2017).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan potensi Tabanan yakni sektor kerajinan tangan seperti tempat lilin, keramik, kerajinan pande besi dan virgin coconut oil juga kuliner Bali.

“Produk yang diunggulkan ini sudah berorientasi ekspor. Dalam kegiatan ini, Kabupaten Tabanan menjadi pionir dalam mengenalkan produk kerajinan, kuliner dan atraksi budaya,” ungkap Eka.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tabanan, IB Wiryawan menambahkan, ada tujuh produk unggulan Tabanan dipamerkan dalam pesona budaya Bali di TMII. Ketujuh produk tersebut, misalnya saja produk keramik, kerajinan besi, pande besi, minyak virgin coconut oil (VCO) , produk kain, lukisan, dan anyaman.

Salah satu pengusaha kerajinan Tabanan yang ikut serta dalam pameran kali ini  I Nengah Darta. Darta mengaku sangat bangga bisa ikut pameran di anjungan Bali TMII mewakili Kabupaten Tabanan. Adapun produk usaha Darta berlabel “Bali Sample”. Usahanya tersebut sudah digeluti selama 12 tahun dan produk yang dipasarkan adalah aneka kreasi binatang seperti Gajah, Burung Hantu, Buaya, Kadal, dan Ayam. Selain kreasi binatang, tersaji juga kerajinan “Bali Sample” berbentuk mobil dan motor.

Aneka kreasi ini untuk tempat lilin dan hiasan. Harganya pun sangat terjangkau yakni dari kisaran Rp50.000-Rp100.000. “Antusias pengunjung bagus ya, omzet juga lumayan. Sabtu saja dapat Rp800.000. Saya berharap Hari Minggu ini lebih ya,” ujar Darta kepada Cendana News, Minggu (23/7/2017).

Bagi Darta, besar kecilnya omzet sebenarnya bukan masalah, karena yang terpenting adalah bisa mempromosikan produk kerajinan Tabanan di TMII sehingga bisa lebih dikenal lagi.

“Saya ikut pameran ini yang pertama kali dan yang terpenting adalah turut serta mempromosikan produk unggulan Tabanan,” pungkasnya.

Ni Nengah Darta, pengusaha kerajinan Bali Sample dalam pameran produk unggulan Tabanan di anjungan Bali TMII. Foto: Sri Sugiarti
Baca Juga
Lihat juga...