hut

Pulau Kumala, Destinasi Wisata di Tengah Sungai Mahakam

TENGGARONG – Pulau Kumala, salah satu objek wisata unggulan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur yang banyak dikunjungi pengunjung di kala libur panjang dan week end.

Pulau Kumala yang diresmikan tahun 2002 silam merupakan objek wisata yang letaknya berada di tengah Sungai Mahakam sehingga seperti terlihat ada sebuah kapal di tengah sungai.

Objek wisata Pulau Kumala ini memiliki luas 81 hektare yang menampilkan taman rekreasi indah dan wahana permainan yang bisa dinikmati para pengunjung. Berbagai wahana permainan seperti bom-bom car, kuda-kudaan, balon air dan mobil keliling, penyewaan sepeda dan lainnya. Bahkan dari Pulau Kumala, pengunjung juga bisa melihat Kota Tenggarong dari kejauhan sungai.

Suasana Pulau Kumala. Foto: Ferry Cahyanti

Untuk memasuki objek wisata Pulau Kumala, pengunjung dapat menyeberangi dengan jembatan repo-repo berjalan kaki. Jembatan repo-repo membentang di atas Sungai Mahakam dan menghubungkan daratan Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara dengan Pulau Kumala.

“Setiap week end pengunjung yang datang bisa mencapai lebih dari 3 ribuan pengunjung, sementara libur panjang pada perayaan hari besar bisa mencapai 13 ribuan pengunjung dalam sehari. Seperti libur lebaran tahun 2017, satu hari bisa mencapai lebih dari 13 ribu pengunjung,” kata Edmund, salah seorang penerima tamu Pulau Kumala saat ditemui Minggu, (30/7/2017).

Menurutnya, tamu atau pengunjung yang datang dari berbagai daerah dan mancanegara. Pengunjung datang dari Kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Mahakam Ulu, Kota Bangun dan banyak daerah lainnya di Indonesia. Bahkan di kala ada event internasional seperti Festival Rakyat Internasional Erau, pengunjung yang datang dari mancanegara melimpah karena di Pulau Kumala juga ada penampilan tarian dari berbagai negara yang hadir.

“Seperti ada festival Erau ini lebih ramai, sama halnya libur lebaran kemarin. Tapi saya belum hitung karena kegiatan Erau kan masih berlangsung. Untuk tarif masuk juga tidak mahal,” ungkapnya sembari menunggu pintu masuk di Jembatan Repo-repo.

Pulau Kumala terletak di jalan K.H Ahmad Muksin, Timbau Tenggarong ini buka mulai pukul 08.00 -18.00 WITA dengan tarif masuk Rp7.000 untuk dewasa dan Rp5.000 khusus anak-anak.

Terpisah, salah seorang pengunjung Ane mengatakan sangat menikmati keindahan Pulau Kumala. Karena dari Pulau Kumala dapat melihat pemandangan kejauhan dan di taman rekreasi itu begitu banyak nuansa alam sehingga bisa dinikmati suasana hijau.

“Di kawasan Pulau Kumala begitu luas kalau kita mau menyusurinya, sehingga kalau mau menyusuri bisa naik sepeda. Banyak permainan juga untuk anak-anak dan pas banget untuk anak,” imbuhnya.

Area permainan di Pulau Kumala. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...