hut

REI Balikpapan, Pengembang Yang Nakal Silahkan Ditindak

BALIKPAPAN — Real Estate Indonesia (REI) Balikpapan menyatakan pengembang perumahan yang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota bisa ditindak sesuai dengan aturannya. Rei mengklaim bahwa pengembang perumahan yang tergabung oleh REI patuh pada aturan siteplan yang mengharuskan penyediaan fasilitas umum termasuk penyediaan bendali atau pengendali air.

Saat ini pemerintah kota fokus melakukan penanggulangan banjir di kawasan MT Haryono dan pengembang yang di kawasan tersebut menjadi sorotan pemerintah. Bahkan untuk penanggulangan banjir tersebut, pemerintah kota membuat tim khusus dalam melakukan penindakan.

Ketua REI Balikpapan Edi Djuwadi menyebutkan pengembang yang tergabung dalam REI masih sesuai dengan aturan siteplan yang telah dibuat atau masih patuh pada aturan yang ada.

“Memang ada beberapa yang perlu dibenahi sih. Tapi yang namanya tidak melakukan (kewajiban siteplan)  itu nggak ada., semua dilakukan. Namanya pengembangan kan mereka ada planning. Ini lahan siap dibangun nggak dan lahan sesui peruntukan nggak. Kan disitu ada izin prinsip kita harus membangun 60 banding 40 persen,” terangnya Jumat (28/7/2017).

Pihaknya juga menggelar rapat bersama dengan Asisten I Sekkot bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pengembang anggota REI. Setelah rapat juga ditindaklanjuti dengan peninjauan lokasi perumahan.

Dia menegaskan tidak benar pengembang melakukan kegiatan asal bangun. Apa yang dilakukan ada perhitungan. “Cuma fungsinya kurang maksimal. Itu bukan kesalahan itu alam. Jadi suka salah paham disitu. 60:40 sudah benar. Itu bisa ditinjau,” tukasnya.

Lanjut Edi, apabila ada pengembang yang menjadi sorotan pemerintah merupakan anggota maka pihaknye menegur untuk segera melakukan perbaikan. Namun jika bukan anggota REI, maka pihaknya tidak ikut campur.

Selain itu, Ia juga tidak segan kalau memang ada anggota yang melakukan pelanggaran untuk ditindak. “Suda saya bilang kalau terjadi apa-apa silakan ditindak. Makanya saya ingatkan teman-teman sebelum kalian ditindak, ya benerin dulu. Mumpung dikasih waktu kelonggaran untuk melakukan perbaikan,” ujarnya.

 

Lihat juga...