hut

Warga Balikpapan Keluhkan Seringnya Mati Listrik

BALIKPAPAN — Pemadaman listrik yang terjadi pada akhir-akhir ini dikeluhkan warga Balikpapan. Pasalnya, pemadaman listrik terjadi tidak satu atau dua jam, namun lebih dari dua dalam satu pekan. 

Pada hari ini, Rabu (19/7/2017), misalnya, sebagian wilayah di Balikpapan terjadi pemadaman sekitar 6 jam. Padam sejak pukul 09.00 – 15.00. Wilayah yang padam itu kawasan Batu Ampar, Wika, Balikpapan Baru, Sepinggan, Kampung Timur dan Rapak.

“Akibat sering padamnya listrik, pekerjaan menjahit tertunda karena kebetulan mesin jahitnya membutuhkan energi listrik. Kalau sudah begitu ke pelanggan juga tertunda,” ungkap salah seorang pelaku usaha jahit baju, Martha, Rabu (19/7/2017).

Menurut Martha, dalam satu pekan ini sudah dua kali pemadaman. Bahkan satu bulan ini sudah 2-3 kali pemadaman listrik. “Satu hari biasa menjahit 2-3 baju jahitan. Kalau listrik padam, pesanan yang dijanjikan hari ini atau besok harus molor atau bisa lembur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Humas PLN Wilayah Kaltimra, Wijayanto menjelaskan, pemadaman listrik karena adanya pemeliharaan jaringan. Lainnya juga karena gangguan seperti pohon tumbang hingga binatang.

“Kami sedang pemeliharaan rutin untuk meningkatkan  kehandalan jaringan, agar kecukupan daya tersedia,” katanya.

Pemeliharaan jaringan itu yakni penggantian kabel jaringan yang proteksinya lebih baik, dan proses penggantian kabel membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dengan adanya pemeliharaan tersebut, pria yang akrab disapa Nano itu mengatakan, akan mengkondisikan daerah terkait yang sering mengalami pemadaman listrik. Dan, PLN mengatur jadwal pemeliharaan dan penggantian kabel, sehingga tidak terjadi pemadaman berturut-turut.

“Jadwal pemadaman untuk pemeliharan rutin sudah ada. Untuk besok Kamis (20/7) akan padam pada pukul 09.00-13.00 Wita di kawasan Karang Rejo, Gunung Kawi, Gunung Guntur hingga Kelurahan Muara Rapak,” ujarnya.

Lihat juga...