hut

Harga Sejumlah Komoditi di Balikpapan, Stabil

BALIKPAPAN — Mendekati hari raya Idul Adha, sejumlah harga kebutuhan pangan di Kota Balikpapan stabil, menyusul terjaganya stok ketahanan pangan. Bahkan, beberapa komoditi justru mengalami penurunan harga, seperti cabai yang semula Rp30 ribu  per kilogram menjadi Rp22-25 ribu.

Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani. –Foto: Ferry Cahyanti

Pedagang sayuran di Pasar Klandasan, Rusman, mengatakan beberapa harga bahan makanan turun, karena permintaan berkurang. “Biasanya, pembeli ramai sebelum hari raya Idul Adha, sejak tahun lalu mulai berkurang. Harganya juga stabil, hari ini (30/8) dan besok (31/8) mungkin ramai pembeli,” katanya, Rabu (30/8/2017).

Disebutkannya, harga bawang merah dan bawang putih menjadi komoditas berikutnya yang mengalami penurunan harga. Masing-masing berkisar Rp25 ribu per kg. Sebelumnya, sempat mengalami kenaikan, tapi tidak signifikan. Sedangkan harga daging ayam ras per ekornya untuk ukuran kecil Rp25-30 ribu, ukuran besar Rp33 ribu. “Itu stabil semua tidak ada kenaikan,” tandasnya.

Sementara itu, Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI), Suharman Tabrani, mengungkapkan, terjaganya ketahanan stok pangan ini harus terpantau dengan baik, agar kestabilan harga di pasaran tetap stabil, meskipun permintaan meningkat.

Ia mengaku daya beli masyarakat juga melemah. Namun, ditegaskannya, yang membuat stabilnya harga juga karena terjaganya pasokan dari daerah pemasok, distribusi yang lancar dan permintaan masyarakat yang tidak berlebihan. “Yang utama ketahanan stok tetap terjaga, sehingga kondisi sekarang dapat dinikmati dengan tenang dalam merayakan hari raya Idul Adha,” tukasnya.

Sehingga, melemahnya daya beli masyarakat bukan salah satu faktor menurunnya harga pangan. Namun, masyarakat dinilai semakin cerdas dalam berbelanja.

Lihat juga...