Pemkot Balikpapan Izinkan Persiba Gunakan Stadion Batakan

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengizinkan tim Persiba menggunakan Stadion Batakan untuk menjamu PS TNI dalam pertandingan lanjutan Liga 1 pada 22 Agustus 2017.

“Persiba memang tidak punya pilihan lain lagi, selain main di Stadion Batakan, meskipun stadionnya belum selesai,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Balikpapan, Selasa.

Stadion Batakan adalah stadion baru yang terletak lebih kurang 20 kilometer dari pusat kota di Klandasan. Stadion ini khusus sepak bola dan tidak memiliki jogging trek.

Stadion ini sudah diverifikasi PSSI dan secara umum sudah memenuhi syarat-syarat menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola resmi.

Izin wali kota diperlukan, sebab Stadion Batakan masih dalam pengawasan dan pemeliharaan kontraktor. Hingga kini kontraktor juga masih bekerja di berbagai tempat di kawasan stadion.

“Sekarang kita berharap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku penyelenggara kompetisi juga mengizinkan Persiba main di Stadion Batakan,” lanjut Rizal.

Rekomendasi tim verifikasi PSSI beberapa waktu lalu untuk ukuran diameter tiang gawang yang sebelumnya tidak memenuhi syarat, kini sudah sesuai aturan.

Begitu pula jalan masuk kawasan stadion dari Jalan Mulawarman, walaupun belum selesai seluruhnya sudah bisa berfungsi sebagai jalan akses.

“Untuk lahan parkir memang belum selesai. Tapi, di Stadion Parikesit juga tidak ada tempat parkir yang representatif, tetap bisa menggelar pertandingan resmi,” katanya.

Di Stadion Parikesit yang menjadi kandang Persiba sebelumnya, penonton memarkir kendaraan mereka di halaman-halaman rumah pekerja Pertamina karena stadion sama sekali tidak punya halaman luar, apalagi halaman parkir.

Menurut Rizal, di Stadion Batakan jalan aksesnya lebar dan lapangan lebih kurang 200 meter sebelum stadion bisa dimanfaatkan sebagai tempat parkir.

Sebelumnya pada 10 Agustus lalu, Pertamina sudah meminta kembali kunci Stadion Parikesit, stadion yang menjadi markas Persiba dalam 40 tahun terakhir di Komplek Pertamina Karang Anyar.

Stadion Parikesit bersama sejumlah rumah di kawasan itu akan digusur dan di bekas lahannya akan dibangun bengkel kerja untuk pemeliharaan kilang minyak Balikpapan milik Pertamina. (Ant)

Lihat juga...