hut

Warga Transmigran Ketapang Integrasikan Pertanian dan Peternakan

LAMPUNG — Manfaatkan pola lahan dan menjaga lingkungan di wilayah pedesaan transmigrasi warga Dusun Trans Cilacap, Trans Jember, Trans Aceh di wilayah Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan mengembangkan pola pertanian dan peternakan yang terintegrasi.

Wagiran, salah satu petani di Trans Jember mengaku sebagian besar warga transmigran yang mendiami kawasan di dekat Register I Way Pisang tersebut memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang dipergunakan sebagai sumber mata pencaharian warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani komoditas pertanian jagung, pisang dan kelapa.

Wagiran yang memiliki ternak kambing dan sapi mengungkapkan sudah sejak belasan tahun silam dirinya melakukan pemanfaatan limbah kotoran ternak sapi dan kambing sebagai bahan baku pupuk kompos dan pupuk kandang.

Janggel jagung atau bekas sisa penggilingan jagung yang sudah membusuk bahkan dicampur dengan “mendil” atau kotoran kambing dengan cara dipendam dan dijadikan pupuk untuk tanaman cabai merah, sayuran dan tanaman pisang cavendish.

Ternak kambing dimanfaatkan sebagai penghasil pupul kandang /Foto: Henk Widi.
Pisang cavendish yang syarat buah dan subur dengan pupuk kandang dan kompos /Foto: Henk Widi.

“Kalau tidak dipendam aroma kotoran sapi dan kambing cukup mengganggu pernafasan bahkan mengganggu warga lain yang tinggal di lingkungan kami. Itu sebabnya  kotoran ternak dan sisa limbah pertanian kami pergunakan untuk pupuk,” ungkap Wagiran, Rabu (16/8/2017).

Llimbah hasil pertanian yang tidak dibuang dan dipergunakan untuk proses pemupukan di antaranya penanaman rumput gajahan dipupuk dengan kompos dan janggel jagung, selanjutnya hasil produksi rumput gajahan bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Meski pernah mendapat usulan pemanfaatan kotoran ternak untuk pembuatan instalasi bio gas  Wagiran menyebut besarnya biaya pembuatan instalasi bio gas mengakibatkan dirinya masih sebatas memanfaatkan kotoran ternak untuk pupuk kandang dicampur kompos.

Ratusan tanaman pisang jenis ambon yang ditanam di dekat tempat tinggalnya bahkan kini terlihat subur dengan pemanfaatan pupuk kandang dan kompos yang sudah dilakukannya sejak beberapa tahun terakhir.

Pertanian terpadu dengan peternakan tersebut diakuinya memiliki keuntungan timbal balik dengan pemanfaatan daun,batang pisang yang dijadikan pakan ternak dikombinasikan dengan sumber pakan lain untuk efesiensi produksi pakan.

Petani lain yang memanfaatkan pola pertanian terintegrasi dan mendapat penghasilan dengan pola penanaman polikultur tersebut di antaranya Sudarmin yang memanfatkan lahan tidur di sekitar pekarangan rumahnya untuk menanam rumput gajahan. Rumput gajahan yang ditanam di lahan tak terpakai tersebut bahkan bisa dimanfaatkan sebagai sumber pakan saat musim kemarau di mana pakan sulit dicari.

“Saat ini sebagian besar petani dan peternak sudah menanam rumput gajahan sebagai sumber pakan cadangan disamping mencari rumput untuk pakan ternak,” ungkap Sudarmin.

Wagiran dengan tanaman pisang cavedish yang subur oleh pupuk kompos dan pupuk kandang /Foto:Henk Widi.

Selain menghemat untuk proses pencarian pakan ia menyebut sumber penghasilan dengan pengintegrasian pertanian dan peternakan bisa memberinya keuntungan berlipat bahkan dirinya bisa beternak ayam, kambing, sapi dan menanam sayuran dan tanaman perkebunan.

Limbah hasil peternakan yang dipelihara oleh Sudarmin masih bisa dimanfaatkan sebagai pupuk sehingga penghematan pembelian pupuk bisa dilakukannya dan dirinya masih bisa mengandalkan lauk dari hasil daging dan telur ayam.

Sudarmin yang memiliki sebanyak 15 ekor ternak kambing bahkan menyebut menjelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban sebanyak dua ekor kambing jantan miliknya sudah dipesan dan dibeli warga dengan harga masing masing Rp1,8 juta.

Pola peternakan dan pertanian terpadu yang diterapkan olehnya dan warga lain diakuinya selain bisa menjaga kebersihan lingkungan tanpa ada kotoran ternak dan limbah pertanian dirinya juga bisa mendapat keuntungan secara ekonomis.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!