BKPH Banjar Utara Imbau Warga Waspada Karhutla

BANJAR – Perum Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan ( BKPH) Banjar Utara, KPH Ciamis, Jawa Barat, mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar hutan, agar lebih waspada dan berhati-hati, dan bersama-sama mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau ini.

“Di saat musim kemarau datang, biasanya rentan terjadi musibah kebakaran hutan dan lahan,” ungkap  Tatang, Staf Administrasi BKPH Banjar Utara, saat ditemui di kantornya, Rabu (6/9/2017).

Tatang mengajak kepada masyakat yang ada di sekitar hutan dan yang tergabung dalam LMDH di bawah binaan BKPH Banjar Utara, untuk selalu bersama-sama dan waspada terhadap terjadinya kebakaran hutan.

“Bila menemukan titik api, dan terjadinya pembakaran serasah (daun kering) di sekitar hutan, agar segera melakukan pemadaman, dan melaporkan kepada petugas perhutani yang ada di pos sekitar hutan, sehingga kebakaran besar dapat dicegah dan tidak terjadi di hutan wilayah BKPH Banjar Utara, saat musim kemarau seperti sekarang ini,” jelasnya.

Menurut Tatang, ada beberapa daerah di wilayah BKPH Banjar Utara yang harus diwaspadai dan dipantau secara bersama-sama, agar tidak terjadi kebakaran di wilayah tersebut.

“Sejauh ini, kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar hutan, kepada para ketua dan anggota kelompok LMDH di bawah binaan BKPH Banjar Utara, serta memasang spanduk imbauan untuk melakukan pemantauan titik api dan larangan membakar serasah (daun kering) di sekitar hutan, dan tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, sehingga kita secara bersama-sama bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan,” ungkapnya.

Tatang berharap, dengan sosialisasi yang terus digalakkan ini, kebakaran hutan di wilayah BKPH Banjar Utara, meliputi Gunung Babakan, Gunung Bunter, dan Gunung Gadung ini, bisa diminimalisir.

Lihat juga...