Bunga Bangkai Berdiameter 50 CM Hebohkan Warga Maguwoharjo

YOGYAKARTA – Sejumlah warga Dusun Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok, Sleman dihebohkan dengan temuan bunga yang mirip dengan bunga bangkai, Kamis (28/9/2017) pagi. Sebuah bunga berukuran cukup besar nampak tumbuh tak jauh dari sebuah selokan dan jalan desa yang banyak dilalui warga.

Bunga berwarna coklat keunguan itu memiliki tinggi sekitar 50 cm serta diameter 50 cm. Nampak mahkota bunga berbentuk bulat, sementara ujung bunga terlihat meruncing.

“Bunga ini sudah ada sejak 3 minggu lalu, namun baru mekar 4 hari ini,” ujar warga setempat, Zainal Abidin.

Menurut Abidin bunga itu memang baru pertama kali ditemukan tumbuh di lokasi tersebut. Ada sebanyak 3 bunga yang tumbuh, 1 telah mekar sempurna sementara 2 lainnya baru sebatas tunas. Meski telah mekar sempurna, bunga tersebut sampai saat ini belum mengeluarkan bau menyengat.

“Bunga seperti ini memang sering tumbuh setiap awal musim hujan. Karena bunga ini termasuk jenis umbi-umbian dengan usia tahunan. Saat musim kemarau dia mati, tapi saat turun hujan tumbuh lagi. Orang di sini biasa menyebut bunga ini sebagai bunga Walur,” katanya.

Munculnya bunga itu sejak beberapa hari terakhir menjadi perhatian warga sekitar. Banyak warga yang penasaran sengaja datang ke lokasi untuk sekedar melihat bunga unik tersebut. Pihak kepolisian setempat bahkan memasang garis polisi di sekeliling bunga agar warga tidak memetik atau merusak bunga tersebut.

“Baru kali ini saya lihat ada bunga seperti ini. Ada yang bilang bunga bangkai tapi ada yang bilang raflesia. Banyak warga yang penasaran datang untuk melihat dan memfoto bunga ini. Untuk diposting di internet,” kata Heri Rusdiono, salah seorang pengunjung warga Demangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Heri Rusdiono. Foto: Jatmika
Lihat juga...