Gangguan Transmisi, Listrik 3 Kota di Kaltim Padam

BALIKPAPAN – Akibat gangguan transmisi 150 KG di jalur Manggarsari-Karangjoang pada sistem kelistrikan Mahakam, tiga Kota di Kalimantan Timur mengalami pemadaman listrik.

Gangguan Transmisi itu karena pada pukul 12.52 wita, Sabtu (30/9/2017)  siang terkena sambaran petir, dan pemadaman langsung terjadi hingga pukul 18.00 WITA.

Tiga kota yang mengalami pemadaman itu yaitu kota Balikpapan, Bontang dan Samarinda. Saat pihak PLN terus melakukan perbaikan sehingga pendistribusian energi listrik juga dilakukan bertahap.

Humas PLN Wilayah Kaltimra, Wijayanto menjelaskan gangguan transmisi terjadi langsung di 3 Generator Induk (GI). “Penyulang yang disuplai GI Manggarsari, GI Industri Gunung Malang dan Senipah tak mampu mengaliri listrik ke pelanggan karena gangguan tadi,” katanya, Sabtu (30/9/2017).

Dikatakannya, pemeriksaan terus dilakukan untuk memastikan pasokan listrik. Dan operasional agar normal secara bertahap pada 15.30 Wita, sehingga proses pengaliran listrik dilakukan secara bertahap.

“Pemadaman hari ini ada yang karena pemeliharaan, kemudian gangguan transmisi. Pemeliharaan dilakukan agar ke depannya jaringan lebih andal, apabila ada petir bisa diantisipasi,” tandas Wijayanto.

Sementara itu, menurut salah seorang warga, Endra, pemadaman listrik dirasakan mulai pukul 13.00 WITA. “Pemadaman listrik di Balikpapan ada saja terjadi dalam satu minggu. Dan, hari ini paling parah,” keluhnya.

Ia berharap PLN dapat memperbaiki pelayanannya karena setiap bulan pihaknya juga membayar, listrik sehingga sebagai pelanggan seharusnya diberikan pelayanan maksimal. “Kalau mati listrik kita juga susah melakukan melakukan aktivitas,” tutupnya.

Lihat juga...