Lezatnya Soto Banjar Kuin Perkedel Singkong

BALIKPAPAN — Kota yang sering disebut kota minyak, Balikpapan, merupakan kota industri dan memiliki beragam budaya mengingat warga yang tinggal adalah dari berbagai suku atau budaya seperti Banjar, Jawa, Bugis, Batak dan lainnya.

Ane, seorang pengunjung yang merasakan kuliner. –Foto: Ferry Cahyanti

Tak heran bila Anda berkunjung ke Balikpapan, akan menemui berbagai kuliner khas Banjar, Bugis dan Jawa. Soto Banjar Kuin Abdhu, misalnya, salah satu kuliner yang sudah hadir sejak 2000-an, sehingga pengunjung dari luar daerah atau mancanegara tak lengkap rasanya bila tak merasakan berbagai kuliner yang ada di kota Balikpapan.

Anda ingin mencoba kuliner Soto Banjar Kuin (SQ), maka bisa menelusurinya di kawasan Ahmad Yani, Gunung Sari, Kota Balikpapan. Lokasi juga strategis, karena warung soto Kuin ini berada di pinggir jalan, sehingga memudahkan untuk mencarinya.

Soto Banjar Kuin ini berbeda dengan soto banjar lainnya, karena di dalam soto terdapat perkedel singkong. Bila belum mencobanya, pasti mengira perkedel kentang, ketika merasakan langsung kuliner perkedelnya berbahan singkong, ditambah suiran ayam kampungnya, dan bawang goreng yang membuat rasanya semakin gurih.

Warung soto Banjar Kuin Abdhu ini buka mulai pukul 14.00 hingga 23.00 WITA. Mereka yang makan datang dari penjuru yang ingin merasakan kuliner ini. Hidangan makan siang dan malam menjadi nikmat untuk dicoba. Untuk makan kuliner bisa memilih untuk menyantap dengan nasi atau ketupat.

Selain menu soto Banjar Kuin Abdh,u juga ada menu lainnya seperti nasi sop, sate ayam, tulangan ayam, telur bebek, dan ayam kampung. Menu lainnya itu dihidangkan sebagai lauk pelengkap, karena tak lengkap rasanya bila tidak dilengkapi sate ayamnya. Biasanya, pembeli merasakan kuliner soto kuin dengan sate ayam, yang dagingnya empuk sekali.

Harga untuk soto Banjar Kuin Abduh ini per porsi Rp16.000, sate ayam per 10 tusuk Rp16.000, tulangan ayam Rp14.000. Harganya relatif terjangkau sehingga pengunjung patut mencobanya. “Rasanya gurih dan nikmat saat merasakannya. Saya mencoba kuliner ini baru pertama kali, dan saya kaget ini perkedelnya ternyata dari singkong. Suwiran ayamnya tebel-tebel, banyak pula, puas pokoknya berbeda dari biasanya,” kata Ane, perempuan asal Malang, Sabtu (30/9/2017).

Ane menambahkan, pengunjung wajib mencobanya bila sudah datang ke Balikpapan. Karena rasanya membuat untuk datang lagi dan merasakan kuliner ini. “Untuk merasakan kuliner ini tidak mahal, apalagi sate ayamnya juga sedap dan dagingnya yang empuk,” ucapnya sambil merasakan soto kuin.

Lihat juga...