Panda Raksasa Tertua Rayakan Ulang Tahun di China

CHONGQING – Kebun binatang di China barat daya pada Sabtu mengadakan perayaan ulang tahun bagi “nenek panda”, yang bertambah umur menjadi 35 tahun. Adalah panda bernama  Xinxing binatang penghuni kebun binatang tersebut lahir pada 1982 tercatatsebagai salah satu panda raksasa tertua di dunia.

Dari catatan yang ada, Xinxing merupakan ibu dari keluarga besar beranggotakan 90 panda. Anak-anak serta cucu-cucunya tersebar di berbagai belahan dunia, yaitu di 20 negara dan wilayah, termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Jepang.

Pada Sabtu (16/9/2017), Xinxing merayakan ulang tahunnya dengan berpesta makan rebung dan apel di Kebun Binatang Chongqing. Di tengah pesta makan tersebut pihak kebun binatang memperdengarkan lagu “selamat ulang tahun”.

Layaknya pesta ulang tahun pada manusia, anak-cucu keturunannya di berbagai kebun binatang di Hong Kong, Toronto dan Memphis juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada nenek panda. Ucapan dikirimkan dengan memanfaatkan teknologi untuk mengirimkan ucapan selamat ulang tahun melalui tayangan video.

Di Chongqing, sang nenek tidak tinggal sendiri. Ia ditemani satu putra, lima cucu perempuan dan dua cicit. Xinxing pertama kali dibawa ke kebun binatang itu ketika ia berusia satu tahun. Ia pertama kali melahirkan pada 1992. Pada 2002, Xinxing memecahkan rekor sebagai panda tertua yang melahirkan. Saat itu, pada usia 20 tahun, ia melahirkan bayi kembar.

Pengasuh Xinxing, Yin Yanqiang, mengatakan Xinxing dalam usia 35 tahun masih segar dan belum menunjukkan masalah penuaan. “Bobot tubuh Xinxing saat ini tercatat 94 kilogram. Ia makan rebung sebanyak 15 kilogram dan daun bambu 1 kilogram secara rata-rata serta banyak buah, juga makanan halus tiga kali sehari,” ungkap Yin.

Lihat juga...