1.432 Desa di Kaltimra Telah Teraliri Listrik

BALIKPAPAN — Perusahan Listrik Negara (PLN) gencar menggarap listrik masuk desa, agar seluruh masyarakat yang ada di pelosok dapat menikmati energi listrik. Sejak tahun 2015 hingga tahun 2017 PLN wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) telah mengalir listrik sebanyak 1.432 desa.

General Manager PLN Wilayah Kaltimra Riza Novianto Gustam mengungkapkan mengalirnya listrik hingga ke pelosok negeri menjadi target pemerintah dan PLN berupaya memenuhi penyediaan listrik dari desa ke desa yang dilakukan secara bertahap.

“Ditargetkan hingga tahun 2019, seluruh desa di Kaltim dan Kaltara sudah teraliri 100 persen,” jelasnya Selasa (3/10/2017).

Dia menargetkan hingga tahun 2019 sebanyak 1.520 desa sudah teraliri listrik sehingga masyarakat di Kaltimra sudah menikmati energi listrik.

“PLN Kaltimra secara bertahap akan menambah mesin pembangkit dengan total kapasitas 70 Megawatt (MW) untuk daerah terpencil melalui program PLTD tersebar,” paparnya.

Menurutnya, Rasio Elektrifikasi (RE) PLN Wilayah Kaltimra adalah sebesar 88,8 %, dimana 90,54% untuk Kaltim dan 78,33% untuk Kaltara. Dan ditargetkan tahun 2019 mendatang ditargetkan RE PLN Wilayah Kaltimra mencapai 96%.

“Untuk mendukung itu pastinya penambahan mesin dilakukan secara bertahap dan mengaliri daerah terpencil,” tandasnya.

Kondisi sistem kelistrikan saat ini surplus yang diperoleh dari beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Balikpapan sebesar 110 MW dan 90 MW. Dengan kondisi tersebut Riza memastikan tidak ada lagi pemadaman akibat defisit daya.

“Pada kondisi surplus, PLN siap melayani pelanggan baru mulai dari rumah tangga, industri hingga kawasan ekonomi khusus Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan jumlah permintaan 188 mVA,” sebutnya.

Untuk diketahui, dengan kapasitas daya mampu 560 MW dan beban puncak malam pada kisaran 380 MW, sistem kelistrikan Mahakam yang mensuplai listrik untuk Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Tenggarong siap mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur.

Pemasangan tiang listrik di Desa Loa Kumbar, Samarinda Seberang Provinsi Kalimantan Timur. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...