Angin Kencang Tumbangkan Pohon di Cianjur

CIANJUR – Angin kencang yang melanda wilayah Cianjur, Jawa Barat, menyebabkan tumbangnya pohon besar di pinggir Jalan Prof. Moh. Yamin, Kelurahan Sayang, Minggu (1/10/2017).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun satu mobil sedan yang sedang terparkir rusak berat dan dua penumpang sepeda motor mengalami luka ringan.

Tumbangnya pohon tua tersebut mengakibatkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah, karena sebagian badan jalan tertutup batang pohon. Jalur kembali normal setelah petugas dari dinas terkait melakukan pemotongan batang pohon dibantu polisi untuk mengatur arus.

“Angin yang sempat bertiup kencang, membuat pohon di pinggir jalan tiba-tiba tumbang. Tidak ada korban hanya pengendara motor dan anaknya sempat terkena dahan pohon serta mobil sedan yang rusak tertimpa pohon,” kata Iwan (41), saksi mata warga sekitar.

Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi, dia berharap dinas terkait di Pemkab Cianjur segera memangkas pohon yang sudah tua atau berisiko tumbang. “Jangan dibiarkan atau menunggu ada korban meninggal dunia. Pengendara pastinya jadi khawatir, nanti jadi korban kalau ada pohon tumbang,” katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, Supriyatno mengatakan, pihaknya menerima dua laporan pohon tumbang, di Jalan Prof Moch Yamin dan di Jalan Raya Bandung. “Untuk di Jalan Raya Bandung sehari sebelumnya, dari kedua kejadian tidak ada korban jiwa, petugas segera diturunkan ke lokasi untuk membersihkan pohon dari jalan,” katanya.

Dia mengimbau warga khususnya pengendara untuk waspada saat melintas dan memarkir kendaraan mengingat saat ini hujan deras dan angin kencang sering terjadi. “Kami akan berkoordinasi dengan instansi lain untuk melakukan pemangkasan dan penebangan pohon yang sudah tua,” katanya. (Ant)

Lihat juga...