Bank Dunia Optimis Perkembangan Ekonomi Asia Timur Pasifik

JAKARTA – Bank Dunia berdasarkan kajian terbarunya bertajuk ‘The East Asia and Pacific Economic Updates’, menyatakan rasa optimistis dan prakiraan yang positif terhadap perkembangan perekonomian di kawasan Asia Timur-Pasifik, termasuk Indonesia.

“Pemulihan ekonomi global dan ekspansi perdagangan global adalah berita yang bagus bagi kawasan Asia Timur dan Pasifik yang terus sukses dalam memperbaiki kondisi kehidupan warganya,” kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur-Pasifik, Victoria Kwakwa, dalam rilis, Sabtu (7/10/2017).

Menurut dia, tantangan yang ada saat ini bagi negara-negara di kawasan tersebut adalah menyeimbangkan antara tujuan pertumbuhan ekonomi jangka pendek dengan mengurangi kerentanan dalam jangka menengah, sehingga kawasan itu memiliki fondasi yang lebih kuat untuk pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Kajian Bank Dunia menunjukkan, sejumlah prakiraan positif dan optimistis untuk negara berkembang di kawasan itu dapat dilihat antara lain dari adanya kenaikan moderat dari harga komoditas, serta pemulihan dari pertumbuhan perdagangan global yang merupakan faktor eksternal menguntungkan Asia Timur-Pasifik.

Namun demikian, lembaga keuangan multilateral itu juga mengingatkan sejumlah risiko eksternal dan domestik dapat membalikkan kondisi positif itu, seperti ketegangan geopolitik yang meningkat serta kebijakan moneter AS dan Uni Eropa yang kemungkinan bakal diperketat lebih cepat dari prakiraan sebelumnya.

Selain itu, Bank Dunia juga mengingatkan banyak negara di kawasan Asia-Pasifik yang memiliki tingkat utang sektor swasta yang tinggi, sedangkan defisit fiskal juga dinyatakan sedang naik.

Lihat juga...