Baznas Biak Realisasikan Beasiswa untuk 20 Pelajar Berprestasi

BIAK — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 2017 merealisasikan bantuan beasiswa Rp72,5 juta untuk 20 pelajar dan mahasiswa berprestasi di wilayah itu.

Ketua Baznas Biak Muslim Lobubun MH dihubungi di Biak, Senin mengakui pelajar penerima beasiswa Baznas Biak sudah diseleksi dari keluarga kurang mampu dan berprestasi di sekolah.

Muslim menyebut untuk besaran beasiswa Baznas Biak diterima pelajar bervariasi dengan rincian untuk pelajar SD mendapatkan Rp200 ribu per bulan, SMP Rp250 ribu per bulan, dan SMA sebesar Rp300 ribu per bulan.

Sedangkan untuk mahasiswa perguruan tinggi, menurut Muslim, besaran beasiswa dialokasikan sebesar Rp10 juta per mahasiswa/tahun.

“Beasiswa Baznas untuk meringankan biaya pendidikan pelajar yang kurang mampu sehingga dapat melanjutkan pendidikan hingga selesai,” ujarnya.

Menyinggung punggutan zakat bagi ASN dan prajurit muslim TNI/Polri di Biak, menurut Muslim, hingga saat ini belum dilakukan Baznas Biak mengingat masih perlu sosialisasi dan koordinasi dengan Pemkab Biak Numfor dan komandan satuan TNI/Polri.

“Ya jika Baznas dapat merealiasikan punggutan zakat penghasilan dari ASN dan prajurit TNI/Polri akan mendngrak penerimaan zakat infaq dan sedekah di Kabupaten Biak Numfor,”ungkap Muslim.

Penerimaan zakat fitrah, zakat maal dan fidyah ifaq dan sedekah dari umat Islam di Kabupaten Biak Numfor sebesar Rp401.680.500 dan disalurkan kepada penerima zakat yang berhak sebesar Rp444 juta (Ant).

Lihat juga...