DPMD Situbondo Dorong Bumdes Kembangkan Potensi Wisata

SITUBONDO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mendorong desa yang telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk segera mengembangkan potensi yang dimiliki.

Salah satu yang diharapkan bisa dikembangkan adalah wisata. “Salah satu desa yang sudah membentuk BUMDes tahun ini dan mulai mengembangkan potensi wisata itu yakni di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Situbondo, Suradji di Situbondo, Minggu (1/10/2017).

BUMDes Jaya Abadi di Desa Gelung telah bekerja sama dengan kelompok nelayan setempat mengembangkan potensi wisata. Kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan lahan tanah di pinggir pantai setempat. Langkah awal yang dilakukan adalah membangun pemandian atau kolam renang dengan menggunakan dana alokasi dana desa dan dana desa.

Untuk mendukung pariwisata, kolam renang dibangun di lokasi yang berada di pinggir pantai berdekatan dengan bibir pantai. Kebijakan tersebut mengambil sudut pandang pemandangan langsung laut dari kolam renang.

Desa wisata Gelung setempat sebelumnya juga diluncurkan Wisata Kampung Nelayan. Potensi wisata yang ditawarkan diantaranya wisata rumah apung dan menyelam melihat pemandangan bawah laut terumbu karang yang masih alami dan dipenuhi berbagai jenis ikan hias.

“Di Desa Gelung tersebut menurut kami bisa menangkap apa yang sudah menjadi visi misi Bupati Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi,” katanya.

Menurut Suradji, pengembangan wisata pemandian (kolam renang) dan dipadukan dengan wisata bahari di desa itu sangat bagus. Karena pengunjung wisata nantinya juga dapat menikmati pemandangan laut dengan menggunakan perahu apung yang sudah disiapkan oleh BUMDes dan kelompok nelayan setempat.

“Pengelolaan wisata pemandian kolam renang itu nantinya akan dikelola bersama-sama dengan kelompok nelayan. Dan menurut kami dengan adanya pemandian dengan latar belakang pemandangan laut akan semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...