ITCI Produksi Tiga Puluh Ton Singkong Per Hari

PENAJAM – Pemberdayaan potensi pertanian di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus dilakukan PT International Timber Corporation Indonesia (ITCI). Perusahaan ITCI akan membangun pabrik tapioka atau tepung dengan bahan baku singkong.

Rencana itu diawali dengan pengembangan produksi tanaman singkong 30 ton per hari hingga 500 ton singkong di tahun berikutnya. Jumlah produksi itu diyakini akan terserap pasar seutuhnya mengingat Indonesia masih mengimpor 3 juta ton tapioka setiap tahun.

Direktur R&D PT ITCI Kartika Utama, Willi Smith memperkirakan, produksi bisnis ini sebesar 500.000 ton tapioka per tahun di masa mendatang. Rencananya pabrik yang dibangun nanti memiliki kapasitas input bahan baku 30 ton singkong per hari sebagai tahap awal.

“Setidaknya kita bisa mengganti 10 persen dengan tapioka. Dan kita juga bisa menghasilkan produk itu dalam negeri,” katanya, Senin (2/10/2017).

ITCI kini memanfaatkan lahan gundul di kawasan Penajam Paser Utara. Sebagian lahan dimanfaatkan untuk mengembangkan agroforestri. Kemudian konsep diusung adalah hutan dan kebun yang dikelola secara ramah lingkungan dan seluruh hasil-hasilnya bisa dimanfaatkan hingga meminimalkan sampah.

Menurutnya, produksi tapioka menjadi awal dari bisnis kebun hutan. Lahan-lahan kosong dimanfaatkan dengan ditanami singkong gajah. ITCI menyediakan 30 ribu hektar lahan yang akan ditanami singkong.

“Tahun pertama 2.000 hektar singkong, tahun ke-2 4.000 ha, lalu seterusnya 8.000 ha, sampai 30.000 ha,” sambung Odang Kariana, Presdir ITCI Kartika Utama.

Willi menambahkan untuk membangun bisnis harus bertahap apalagi jika skala besar maka membutuhkan investasi hingga puluhan juta dollar.

“Pembangunan pabrik tapioka itu sudah ada lokasinya, dan untuk tahap awal rencananya pabrik akan berdiri di wilayah Penajam Paser Utara ini pada Februari-Maret 2018 mendatang,” imbuhnya.

Selain itu, di area ITCI ini memanfaatkan danau-danau tak terurus di area bekas kegiatan perkayuan di masa lalu. Danau itu akan dikembangkan sebagai tempat perikanan air tawar. Sisa dari singkong dan turunannya bisa jadi bahan pembuatan makanan ikan. Sebagian lagi jadi campuran pakan sapi maupun kambing.

Kebun singkong di Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...